fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

398 Homestay di Lombok Disiapkan Bagi Tamu MotoGP Mandalika

Mataram, KOBAR – Sebanyak 398 unit homestay di Pulau Lombok dilaporkan telah siap ditempati dan disewakan kepada para tamu ajang MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah.

300 unit homestay diantaranya berada di Lombok Tengah. Tepatnya, di wilayah Kuta, Grupuk, Sukedana, dan Selong Belanak. Sisanya, sebanyak 98 unit tersebar di Kabupaten Lombok Utara dan 3 Gili Tramena (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air). 

Demikian dilaporkan Kepala BPPPW NT1, Rini Dyah Mawarti, kepada Gubernur NTB, dalam rapat koordinasi persiapan ajang MotoGP 2021, di Mataram, Selasa, (5/1).

Dijelaskan Rini, bahwa pembangunan sejumlah homestay di Lombok, merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika. 

Pada tahun 2020, bebernya, di NTB telah diprogramkan peningkatan kualitas rumah sebanyak 5.115 unit pada program rumah swadaya, atau dikenal dengan bedah rumah. Dari jumlah tersebut, Kementerian PUPR membangun sekitar 915 unit pondok wisata (Homestay), melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). 

Rapat Koordinasi Gubernur NTB bersama PPW, PPPW, P2JK, BJN IX, dan BWS NTB I, Kementerian PUPR.

Jumlah sebanyak itu, jelasnya, tersebar di Lombok Utara dan Lombok Tengah, dengan pola reguler dan sarhunta (homestay).

“Jadi rumah warga yang tidak layak huni kami bangunkan dengan standar homestay. Dimana pemiliknya harus memanfaatkan separuh rumahnya untuk dijadikan sebagai homestay,” terang Rini.

Rini berharap, agar homestay yang telah dibangun tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh masyarakat. Untuk pengelolaan lebih lanjut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota. 

“Penyewaannya sendiri sudah mulai dijalankan oleh beberapa rumah. Bahkan beberapa turis dari Jerman telah mulai menempati homestay tersebut,” tutup Kepala BPPPW NT1.

Menanggapi pemaparan Kepala BPPPW NT1, Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah, berpesan, agar semua infrastruktur yang telah dibangun dalam rangka mendukung pelaksanaan MotoGP 2021, untuk dipersiapkan dengan matang dan dipastikan benar-benar siap.

“Homestay yang telah dibangun ini harus benar-benar dipersiapkan sebaik mungkin untuk menyambut tamu MotoGP 2021,” tegas Gubernur NTB. (kdon)

Don`t copy text!