fbpx
Pembangunan Sirkuit Mandalika Tuntas, Siap Gelar World Superbike 2021

Pembangunan Sirkuit Mandalika Tuntas, Siap Gelar World Superbike 2021

Lombok Tengah, KOBAR – 2 hari jelang perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76, pembangunan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), dinyatakan tuntas 100%, dan telah diresmikan oleh Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah, Minggu, (15/8).

“Alhamdulillah, hari ini peresmian 100 persen selesainya pembangunan sirkuit Mandalika. Kalau tak ada aral melintang, sirkuit kebanggaan bangsa Indonesia ini akan menjadi tuan rumah World Superbike, 12 – 14 November 2021 ini,” kata Zulkieflimansyah.

Sirkuit Mandalika dengan panjang lintasan 4,32 km, dengan 17 tikungan ini, jelasnya, kini telah siap untuk dijajaki oleh para pembalap dunia. Dan kualitas Sirkuit Mandalika ini, kata Gubernur, tak kalah dengan sirkuit dunia lainnya.

“Kekhawatiran dan kegelisahan kita selama ini pupus seketika, saat menyaksikan penyelesaian pengaspalan lintasan sirkuit Mandalika. Hari ini kita sudah buktikan, bahwa bukan hanya masyarakat Indonesia, tapi seluruh dunia menyaksikan bahwa NTB bisa mewujudkan sebuah sirkuit internasional,” tukas Gubernur.

Gubernur NTB Resmikan Sirkuit Mandalika Lombok
Gubernur NTB Resmikan Sirkuit Mandalika Lombok

Capaian ini, lanjutnya, merupakan akumulasi perjuangan yang tak kenal lelah dari semua pihak. Yakni; TNI, Polri, ITDC, masyarakat, dan seluruh pemerintah daerah, dalam mengawal proses pembangunan sirkuit hingga mencapai penyelesaian tahap pertama. 

Meski selama proses pembangunan sirkuit, tuturnya, banyak dihadapkan dengan berbagai persoalan yang cukup rumit. Tetapi karena melalui komunikasi dan hubungan yang baik, semuanya bisa berjalan dengan lancar.

“Untuk itu, tugas kita selanjutnya adalah menyiapkan diri untuk menyambut event kelas dunia di NTB. SDM NTB yang akan berkontribusi selama event harus dipersiapkan dengan baik,” tandas Gubernur NTB.

Sementara itu, Presiden Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M  Mansoer, pada kesempatan ini berharap, bahwa dengan hadirnya Sirkuit Mandalika ini, dapat menjadikan kawasan Mandalika sebagai destinasi pariwisata unggulan di Indonesia dan di dunia. Untuk itu, ia meminta kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama membangun citra positif Mandalika, agar bisa menjadi tuan rumah event dunia dengan baik.

“Memang penyelesaian lintasan sirkuitnya ditargetkan selesai sebelum HUT RI ke-76. Dan Alhamdulillah dapat diselesaikan sebelum kita merayakan kemerdekaan kita,” kata Abdulbar M  Mansoer. (kdon)

Don`t copy text!