fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Lombok

Sirkuit Pertamina Mandalika Resmi Digunakan, Presiden Jokowi Jajal Lintasan Sirkuit

Lombok Tengah, KOBAR – Setelah lama dinanti, akhirnya Sirkuit Pertamina Mandalika, yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), diresmikan Presiden Jokowi. Ditandai dengan aksi Jokowi menjajal lintasan sirkuit dengan motor balap bertuliskan RI 1, Jum’at, (12/11).

Sebelumnya, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Presiden Jokowi bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pesawat berangkat sekitar pukul 06.30 WIB.

Setibanya di Bandar Udara Internasional Lombok, Presiden langsung menuju Pit Building Sirkuit Pertamina Mandalika, yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah.

Dengan mengenakan jaket motor serta helm hitam. Setibanya di garis start Sirkuit Mandalika, Jokowi pun langsung menaiki motor balap pribadinya berwarna hijau dan bertuliskan RI 1.

Presiden Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Lombok

Di belakang Jokowi, terlihat sejumlah orang yang juga mengendarai motor. Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, bertugas mengibarkan bendera start.

Jokowi langsung tancap gas, saat MC melalui pengeras suara memberikan aba-aba start. Motor Jokowi pun melaju dengan cepat di atas aspal sirkuit kebanggaan bangsa Indonesia tersebut.

Motor balap Jokowi ini, dilaporkan telah tiba terlebih dahulu di Sirkuit Pertamina Mandalika, sehari sebelumnya. Motor ini sengaja dipersiapkan Presiden Jokowi untuk peresmian sirkuit, sebelum kejuaraan dunia balap motor Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) digelar bulan ini.

Presiden Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Lombok

Pada kesempatan kunjungan kerjanya di NTB kali ini, Presiden Jokowi diagendakan akan meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika. Peresmian akan dilakukan setelah Jokowi menjajal Sirkuit Mandalika.

Untuk diketahui, Pertamina Mandalika International Street Circuit adalah sirkuit di Lombok, NTB, yang akan menggelar event balap motor dunia, seperti; IATC, WSBK, hingga MotoGP. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan. Sirkuit ini memiliki kapasitas penonton sebanyak 200 ribu orang, dan telah menelan dana sebesar Rp 1,1 triliun untuk pembangunan sirkuit Internasional ini. (kdon)

Don`t copy text!