Setelah 25 Tahun, MotoGP Kembali Ke Indonesia

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Setelah-25-Tahun-MotoGP-Kembali-Ke-Indonesia-Penonton-MotoGP-Mandalika-Lombok-2022

Setelah 25 Tahun, MotoGP Kembali Ke Indonesia

“Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022-2024”

Lombok Tengah, KOBARKSB.com – Dorna Sports secara resmi mengumumkan kesepakatannya dengan Pertamina, sebagai sponsor utama Grand Prix Indonesia. Setidaknya, ajang bergengsi Kejuaraan Dunia Balap Motor seri Indonesia ini akan dipegang Pertamina dari tahun 2022 hingga tahun 2024, dengan nama resmi “Pertamina Grand Prix of Indonesia”.

“Dorna Sports dan Pertamina dengan senang hati mengumumkan kesepakatan untuk sponsor gelar Grand Prix Indonesia. Dari 2022 hingga setidaknya 2024. Nama resmi acara ini adalah Pertamina Grand Prix of Indonesia,” kata Marc Saurina, Direktur Senior Kemitraan Global Dorna Sports, dalam siaran pers, Jum’at, (11/2).

Tes Pramusim MotoGP Mandalika 2022

Setelah lebih dari 2 dekade, lanjut Marc, Kejuaraan Dunia FIM MotoGP kembali ke Indonesia pada tahun 2022 sebagai tuan rumah di Sirkuit Pertamina Mandalika. Yang merupakan sebuah pengembangan baru yang menakjubkan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Indonesia adalah salah satu pasar terpenting untuk MotoGP, dengan gairah yang luar biasa untuk balap motor dan sepeda motor di antara populasi lebih dari 270 juta, dan Pertamina Grand Prix Indonesia dijamin menjadi salah satu yang paling bersemangat. di kalender MotoGP,” beber Marc.

Perjanjian sponsorship ini, tambah Marc, semakin memperkuat kehadiran Pertamina dan Indonesia di olahraga ini. Selain sebagai sponsor Tim SAG Pertamina Mandalika di Kejuaraan Dunia Moto2 dan venue baru Mandalika itu sendiri.

Pertamina Mandalika International Street Circuit

“Pertamina Grand Prix Indonesia memastikan Pertamina, Indonesia dan Pulau Lombok tetap terdepan dan tengah di kancah internasional,” tandas Direktur Senior Kemitraan Global Dorna Sports.

Sementara itu, Brahmantya Satyamurti Poerwadi, Sekretaris Pertamina Group, menyatakan, bahwa sebagai Perusahaan Energi Nasional, Pertamina selalu berkomitmen untuk memberi energi kepada Indonesia. Dengan membawa MotoGP ke Sirkuit Pertamina Mandalika untuk Grand Prix Pertamina Indonesia.

“Kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia terdaftar di antara negara-negara dengan penggemar olahraga motor besar. Acara ini juga sejalan dengan produk dan layanan Pertamina, membuka peluang baru dalam pengembangan bisnis berskala global dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Brahmantya.

MotoGP Indonesia di Sirkuit Sentul, Marlboro Indonesian Grand Prix (1997)

Untuk diketahui, 26 tahun lalu, tepatnya pada 7 April 1996, Indonesia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah ajang balap motor MotoGP yang digelar di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Sebanyak 90 pembalap motor dari mancanegara berlaga di 3 kelas berbeda, yakni, 500cc, 250cc, dan 125cc. Termasuk di dalamnya adalah legenda MotoGP, Valentino Rossi, yang saat itu turun di kelas 125 CC. Yang mana setahun berikutnya, yaitu, pada tahun 1997, di Sirkuit Sentul ini, menjadi saksi raihan gelar juara yang diraih pembalap berjuluk The Doctor ini. 

Valentino Rossi Melakukan Aksi Wheelie di MotoGP Indonesia, Sirkuit Sentul (1997)

Lomba balap motor kala itu disiarkan langsung oleh stasiun televisi RCTI. Kendati demikian, hal tersebut tidak mengendurkan semangat para penonton yang datang langsung ke Sirkuit Sentul. Lebih dari 100.000 penonton, baik yang berkarcis dan tidak memiliki karcis, ikut ambil bagian menyaksikan kebolehan pembalap mancanegara berlaga di sirkuit yang diresmikan Presiden Soeharto pada Agustus 1993 itu. Saking membludaknya penonton yang berminat menyaksikan ajang balap bergengsi itu, terjadi kemacetan sepanjang 10 km menjelang masuk pintu tol Sentul.

Gelaran MotoGP yang bertajuk Marlboro Indonesian Grand Prix 1996 itu disaksikan langsung oleh Presiden Soeharto dan Ibu Negara. Presiden Soeharto secara simbolis menekan tombol sirine tanda dimulainya balapan kelas 125cc, sekaligus menandai dilangsungkannya seri kejuaraan dunia balap motor besar yang pertama di Indonesia. (knda)

About Post Author

Don`t copy text!