fbpx
ODGJ Butuh Disantuni, Bukan Dilecehkan Apalagi Dipasung

ODGJ Butuh Disantuni, Bukan Dilecehkan Apalagi Dipasung

Taliwang, KOBAR – Fenomena Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang terlantar, menjadi perhatian serius LKS Peduli Sesama Sumbawa Barat. Keberadaan mereka yang terkadang masih luput dari perhatian pemerintah, membuat Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) ini turun lapangan membantu.

“Puji syukur yang tiada tara kami ucapkan kepada Allah SWT, yang masih memberikan kami kesehatan serta rezeki terus menerus, sehingga kami dari LKS Peduli Sesama masih bisa berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Meskipun tak seberapa, tapi sangat bermanfaat bagi mereka saat ini,” tutur Fatrianingsih, Ketua LKS Peduli KSB, kepada media ini, Senin, (30/8).

Pihaknya selama beberapa hari terakhir, bebernya, telah menyalurkan bantuan bagi para pedagang keliling, ODGJ, Lansia, anak yatim piatu, dan anak dari keluarga rentan.

ODGJ Butuh Disantuni Bukan Malah Dilecehkan Apalagi Dipasung LKS Peduli Sesama Sumbawa Barat 1
LKS Peduli Sesama Beri Bantuan Kepada Pedagang Keliling

“Tidak semua ODGJ itu galak. Cobalah dekati mereka dengan hati. Mari luangkan sedikit waktu kita untuk mereka, dengan hanya sekedar memberi mereka sebungkus nasi atau menemani mereka makan. Itu sangat berarti bagi mereka,” tukasnya.

Keberadaan mereka, lanjutnya, memang terkesan meresahkan. Tetapi bukan berarti karena itu, kemudian mereka mendapatkan perlakuan tidak baik, dicemooh, apalagi dipasung.

“Jika ada diantara kerabat kita yang ODGJ, sebaiknya segera dilapor ke dinas sosial setempat atau Puskesmas terdekat. Biar diobati dan ditangani. Jangan malah dibiarkan, apalagi dipasung,” kata Fat, begitu ia akrab disapa.

ODGJ Butuh Disantuni Bukan Malah Dilecehkan Apalagi Dipasung LKS Peduli Sesama Sumbawa Barat 2
LKS Peduli Sesama Beri Bantuan Kepada Lansia

Bagaimanapun, lanjutnya, ODGJ itu manusia juga sama dengan kita. Sehingga perlakuan kepada mereka pun harus manusiawi. Jikalau ada yang butuh bantuan lembaganya, pihaknya dengan senang hati membantu.

“Jika ada yang butuh bantuan lembaga kami atau pun ada yang ingin menyalurkan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, LKS Peduli Sesama dengan senang hati membantu. Berbagi tidak harus menunggu kita kaya dulu, niat dan ketulusan hati yang akan membawa kita ke jalan yang lebih baik. Niat kita biarkan Allah SWT yang tahu, dan biarkan Allah yang membalasnya,” tutup Ketua LKS Peduli Sesama KSB. (kdon)

Don`t copy text!