Lahan Hutan KSB Diserobot, DLHK NTB Dituding Tutup Mata

Menu

Mode Gelap

EDITOR'S PICK · 15 Mar 2023

Lahan Hutan KSB Diserobot, DLHK NTB Dituding Tutup Mata


Lahan Hutan KSB Diserobot, DLHK NTB Dituding Tutup Mata Perbesar

Brang Ene, KOBARKSB.com – Konflik kawasan hutan perbatasan di bagian selatan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dilaporkan telah terjadi sejak lama, dan tak kunjung diselesaikan. Masyarakat setempat mendesak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk tidak tutup mata.

“Konflik lahan di kawasan hutan ini mesti diselesaikan dengan cepat, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika dibiarkan, selain dapat merusak ekosistem hutan juga berefek pada gesekan antar warga masyarakat setempat,” kata Sanudin, Warga KSB, kepada awak media ini, Selasa, (14/3).

Konflik ini, tuturnya, berawal dari klaim sepihak oleh oknum warga Sumbawa, dengan cara menjualnya lagi ke warga Lombok Tengah untuk dijadikan ladang jagung dan aktivitas penebangan kayu ilegal.

Pihaknya, jelas Sanudin, telah berupaya mempertahankan kawasan hutan tersebut dengan membuka ruang komunikasi melibatkan oknum warga yang mengklaim sepihak lahan hutan tersebut, namun tidak direspon baik. 

Bahkan pihaknya, tambahnya, telah melaporkan persoalan tersebut kepada Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sejorong Mataiyang, dengan melampirkan sejumlah bukti berupa foto, video, hingga rekaman pengakuan bahwa benar kawasan hutan tersebut sudah dijual oleh oknum warga tersebut kepada warga Lombok Tengah, untuk kemudian digunakan sebagai ladang jagung dan illegal logging.

“3 kali kami mengajak pihak KPH dan Kades Mujahidin ke sana. Pihak KPH mengakui benar lokasi tersebut masuk kawasan hutan Sumbawa Barat. Bahkan pada saat tinjau lokasi, pihak KPH mendapati adanya aktivitas penebangan kayu ilegal oleh oknum warga Sumbawa tersebut,” tutur Sanudin. 

Membenarkan pernyataan Sanudin, Sajamudin, Warga Desa Mujahiddin, yang ikut bersama rombongan KPH pada saat turun ke lokasi mengakui hal tersebut. Ia bahkan melihat truk bermuatan kayu tanpa izin, sementara pihak KPH hanya mengambil foto dan keterangan sopir truk saja, sebab kayu itu didapat di wilayah perbatasan KSB dan Sumbawa.

“Kami melihat langsung aktifitas itu di lokasi Posong Brang Sawe. Namun truk tersebut lolos begitu saja setelah pihak KPH hanya berkomunikasi dengan pemilik kayu via handphone. Truk tersebut sempat ditahan, namun keesokan harinya hilang tanpa jejak,” beber Sajamudin.

Dikonfirmasi KOBARKSB.com, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sejorong Mataiyang, Syahril SH, membenarkan adanya penyerobotan kawasan hutan tersebut, dan dirinya mengakui telah berkoordinasi dengan KPH setempat untuk menyelesaikan persoalan dengan warganya.

“Benar ada aktivitas warga lombok di sana. Oknum tersebut mengaku membeli lahan kepada warga setempat sejumlah 10 hektar dengan harga Rp 5 juta per hektar,” kata Syahril.

Sementara Sirajudin, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Orong Telu, mengakui bahwa kejadian tersebut terjadi pada bulan September 2022. Bermula dari laporan Kades Mungkin tentang adanya perambahan hutan oleh warga lombok. 

“Setelah koordinat yang dikasih oleh Kades Mungkin diolah, ternyata lokasi tersebut masuk wilayah KSB. Kami langsung berkoordinasi dengan KPH Sejorong untuk sama-sama menyelesaikan permasalahan perbatasan tersebut,” tukas Kepala KPH Orong Telu. (kdon)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 79
    Bupati Serahkan SK Pengangkatan CPNS Formasi Tahun 2021 Menjadi PNS Kabupaten Sumbawa BaratTaliwang, KOBARKSB.com - Bupati Sumbawa Barat, H W Musyafirin, dilaporkan telah menyerahkan petikan Surat Keputusan Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Formasi Tahun 2021, yang dirangkaikan dengan pengambilan Sumpah PNS dan Sumpah Jabatan Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Menurut laporan Sekretaris…
  • 77
    Bupati Akui Kesulitan Kembangkan Pariwisata Sumbawa BaratTaliwang, KOBARKSB.com - Disamping memiliki tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) juga memiliki potensi pariwisata yang mumpuni. Akan tetapi, persoalan sarana dan prasarana yang tidak memadai, menjadi penyebab potensi pariwisata KSB sulit dikembangkan. “Jika kita lihat sepanjang pantai dari Sape hingga ke bagian barat…
  • 77
    Bupati Resmikan Rumah Singgah BAZNAS KSB di Kota MataramMataram, KOBARKSB.com - Bupati Sumbawa Barat, H W Musyafirin, dilaporkan telah meresmikan Rumah Singgah milik BAZNAS KSB yang berlokasi di Jalan Prabu Rangkasari, Gang Rawa Indah, Kelurahan Dasan Cermen, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram. Selain peresmian Rumah Singgah, pada kesempatan ini juga dilakukan  penandatanganan beberapa MoU, diantaranya; Pertama, MoU antara Ketua…
  • 76
    Sumbawa Barat Pasang Target 4 Besar di Porprov NTB 2023Mataram, KOBARKSB.com - Kontingen Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui KONI KSB memasang target berada pada posisi 4 besar pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Ke-XI 2023 Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Target ini naik 5 tingkat dari hasil Porprov NTB 2018, dimana KSB saat itu berada pada urutan 9 dari 10…
  • 75
    Pasar Taliwang Kumuh dan Semrawut, Pemerintah Diminta Tidak Tutup MataTaliwang, KOBARKSB.com - Sejumlah warga masyarakat Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), menyoroti soal kondisi Pasar Tana Mira Taliwang yang tampak kumuh dan semrawut. Termasuk soal pengelolaan parkir di Pasar Induk Taliwang tersebut. “Ini adalah gambar hasil potret kami di salah satu sudut lorong Pasar Taliwang. Kios banyak yang sudah…
  • 75
    Ketua Pengadilan Tinggi NTB Tinjau Rencana Lokasi Pembangunan Kantor Pengadilan Negeri KSBTaliwang, KOBARKSB.com - Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Nusa Tenggara Barat (NTB), Pudjoharsoyo, beserta tim dilaporkan datang berkunjung ke Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), guna meninjau rencana lokasi Pembangunan Kantor Pengadilan Negeri (PN) KSB.  Tim Pengadilan Tinggi NTB tiba di Graha Fitrah dan diterima langsung oleh Bupati Sumbawa Barat, H W Musyafirin,…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 1,299 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Masa Jabatan 53 Kepala Desa di Sumbawa Barat Diperpanjang 8 Tahun

20 Juni 2024 - 11:27

Masa Jabatan 53 Kepala Desa di Sumbawa Barat Diperpanjang 8 Tahun - H W Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H – KOBARKSB.com

16 Juni 2024 - 22:44

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan

10 Juni 2024 - 13:48

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan - Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat

8 Juni 2024 - 17:48

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat - Tambang Emas PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat

5 Juni 2024 - 01:58

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat - Supersucks - Pantai Sumbawa Barat - Amman Mineral

Pelaku Curanmor di Taliwang Dibekuk, 3 Sepeda Motor Hasil Curian Disita

3 Juni 2024 - 19:01

Pelaku Curanmor di Taliwang Dibekuk, 3 Sepeda Motor Hasil Curian Disita - Polres Sumbawa Barat
Trending di HUKUM
Don`t copy text!