fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

MotoGP Indonesia Akan Digelar Maret 2022, Pertamina Resmi Jadi Sponsor Utama Sirkuit Mandalika - FIM MotoGP 2021

MotoGP Indonesia Akan Digelar Maret 2022, Pertamina Resmi Jadi Sponsor Utama Sirkuit Mandalika

“Pre-booking Tiket MotoGP 2022 Mandalika Telah Dibuka”

Jakarta, KOBAR – Dorna Sports SL dilaporkan telah mengumumkan secara resmi, bahwa MotoGP seri Indonesia termasuk dalam kalender event FIM MotoGP World Championship tahun 2022. MotoGP seri Indonesia ini rencananya akan digelar pada tanggal 18-20 Maret 2022, dengan tes pra-musim dilangsungkan pada tanggal 11-13 Februari 2022. Bersamaan dengan itu, PT Pertamina (Persero) dinyatakan telah resmi menjadi sponsor utama Sirkuit Mandalika Lombok. Sehingga Pertamina mendapatkan hak atas penamaan sirkuit. 

Nama Sirkuit Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), kemudian diberi nama Pertamina Mandalika International Street Circuit. Dan nama tersebut telah tercantum dalam kalender event MotoGP 2022 yang diumumkan Dorna Sports.

Kalender Sementara MotoGP Tahun 2022

“Kalender sementara FIM MotoGP Kejuaraan Dunia Tahun 2022 telah dirilis, yang terdiri dari 21 putaran. Berlangsung dari Maret hingga November, yang mencakup kunjungan ke 2 tempat baru. Yaitu, di Indonesia dan Finlandia,” kata Dorna, dalam siaran pers, Kamis, (7/10).

Musim 2022, jelas Dorna, dimulai seperti biasa, yaitu, di Qatar pada awal Maret (6-8). Kemudian, dari tanggal 18 hingga 20 Maret, MotoGP menuju ke Mandalika International Street Circuit, yang baru untuk pertama kalinya sebagai penyelenggara. 

“Setelah libur akhir pekan, sundulan ganda Argentina dan Amerika dimulai April. Perjalanan ke Portimao pada tanggal 22 hingga 24 April, yang akan bertindak sebagai balapan Eropa pertama musim ini,” terang Dorna.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah MotoGP,  jelas Dorna, kalender 21 balapan akan berlangsung. Yang paling banyak kita lihat di tahun-tahun lalu, katanya, adalah 19. Akan tetapi dengan penambahan menarik dari Indonesia dan Finlandia, maka penghitungan 2022 akan menjadi 21 yang mendebarkan.

FIM MotoGP Amerika 2021

“Putaran 2 dan 13 musim depan, kita akan melihat pembalap MotoGP menangani sirkuit baru. Yaitu, Mandalika International Street Circuit di Indonesia dan KymiRing di Finlandia. Mandalika awalnya akan menjadi tuan rumah MotoGP untuk aksi pertama kalinya pada tes pra-musim resmi 2022,” beber Dorna.

Adapun order pembelian tiket untuk MotoGP 2022, terang Dorna, telah dibuka untuk 3 negara. Yaitu; Italia, Portugal, dan Spanyol. Harga tiket bervariasi, mulai USD 40 hingga USD 346. Sedangkan untuk negara lainnya, pre-booking tiket telah dibuka.

“DORNA hanya penyelenggara MotoGP Championship, dan tidak mengeluarkan tiket untuk mengakses sirkuit. Tiket yang akan anda beli akan dijual dan disediakan oleh reseller tiket, bernama Platinium Group Spain SL. Yaitu, kepada siapa anda akan memberikan data yang diperlukan untuk penjualan, dan mematuhi syarat dan ketentuan penjualannya,” tegas Dorna.

Replika Motor yang Akan Digunakan Pada MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika Lombok

Halaman tickets.motogp.com, terang Dorna, dikelola oleh Platinium Group Spain SL, sebagai reseller tiket. Sedangkan tiket untuk memasuki sirkuit di mana setiap acara MotoGP berlangsung, dikeluarkan oleh perusahaan masing-masing yang bertanggung jawab mengelola tugas tersebut untuk setiap sirkuit. 

“Sadarilah bahwa setiap kondisi untuk memasuki sirkuit dikeluarkan dan diawasi oleh perusahaan yang mengelola sirkuit. Tidak pernah DORNA atau Platinium Group Spanyol SL,” tandas Dorna.

Sementara itu, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dengan PT Pertamina (Persero), dinyatakan telah resmi melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) sponsorship, dalam pengembangan Sirkuit Mandalika Lombok, Kamis, (7/10), di Jakarta.

Kerja Sama Sponsorship Pertamina Mandalika International Street Circuit

Penandatanganan PKS dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati dan Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer. Disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN I, Pahala N Mansury dan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah.

Dengan PKS ini, Pertamina memperoleh hak penyertaan nama korporasi pada Jalan Kawasan Khusus (JKK)/street circuit (sirkuit jalan raya) The Mandalika, dengan jangka waktu sejak tanggal perjanjian hingga 31 Desember 2022. 

Penandatanganan PKS ini juga menandai secara resmi penamaan sirkuit jalan raya, sepanjang 4,31 km yang dibangun oleh ITDC tersebut, menjadi “Pertamina Mandalika International Street Circuit”.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Sponsorship Pertamina Mandalika International Street Circuit

Wakil Menteri BUMN I, Pahala Mansury, pada kesempatan ini mengatakan, bahwa pembangunan sirkuit telah dilakukan sejak Agustus 2020 lalu. Dan pada tahun ini, jelasnya, sirkuit tersebut akan diujicobakan dengan beberapa kejuaraan balap internasional. Diantaranya; Idemitsu Asia Talent Cup, yang akan menjadi ajang pembuka di Sirkuit Mandalika pada 12-14 November 2021, kemudian disusul dengan World Superbike, yang berlangsung seminggu setelahnya, yaitu, 19-21 November 2021. 

“Jadi, ini termasuk salah satu event yang paling ditunggu-tunggu. Tahun depan kita akan menyaksikan tes pramusim MotoGP, pada tanggal 11-13 Februari, dan MotoGP Indonesia pada Maret 2022,” jelas Pahala.

Pahala Mansury – Wakil Menteri BUMN I

Berbagai event tersebut, terang Pahala, merupakan salah satu inisiatif pemerintah untuk mengembangkan dan menghidupkan kembali industri pariwisata di Indonesia. Apalagi MotoGP, katanya, merupakan salah satu event grand prix paling bergengsi yang disaksikan sedikitnya 400 juta penonton dalam 1 kali pelaksanaan. 

Dengan demikian, lanjutnya, ia berharap agar penyelenggaraan event tersebut dapat menjadikan Indonesia sebagai salah satu penyelenggara event pariwisata global di dunia, yang dapat membangun industri pariwisata dan ekonomi Indonesia.

“Kita berharap hal ini dapat membantu membangkitkan pariwisata di Indonesia, dan juga kita akan pastikan bahwa BUMN bukan hanya project base, tetapi merupakan sesuatu yang memang sustainable ke depannya. Kita ingin membangun sesuatu yang betul-betul dapat digunakan untuk event internasional. Misalnya, sirkuit yang kita bangun ini. Mudah-mudahan event selanjutnya, seperti, G20 Summit, betul-betul bisa dilaksanakan di lokasi tersebut, seiring dengan proses pemulihan ekonomi,” ucap Pahala.

Perjanjian Kerja Sama Sponsorship Pertamina Mandalika International Street Circuit

Sedangkan, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, pada kesempatan ini, mengatakan, bahwa sinergi Pertamina dengan ITDC, akan memberikan banyak hal baik bagi bangsa Indonesia maupun Pertamina sebagai korporasi. Dari 6 pilar tujuan utama Pertamina saat ini, jelasnya, yaitu; Go Green, Go Global, Go Digital, Go Sustainable, Go Collaborative, dan Go Productive and Efficient. Kegiatan ini telah mencakup 4 dari 6 tujuan utama tersebut.

“Selain meningkatkan potensi pariwisata. Secara business to business akan muncul berbagai potensi pengembangan bisnis yang dapat direncanakan dan dikelola oleh Pertamina melalui Subholding Commercial & Trading,” kata Nicke.

Bahkan, lanjut Nicke, sebagai lokomotif perekonomian Indonesia, Pertamina juga mendukung penuh usaha mikro kecil (UMK) penunjang sektor pariwisata, melalui Program Pemberdayaan UMK di sekitar 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas. 

Nicke Widyawati – Direktur Utama PT Pertamina (Persero)

Pada tahun 2021, bebernya, Pertamina telah menyalurkan bantuan modal bergulir UMK di Mandalika. Program tersebut akan terus berjalan untuk menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan serta dukungan Pertamina dalam pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals), khususnya di point 8 terkait. Yakni, penyediaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi, serta implementasi program berbasis ESG (Environmental, Social and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya.

“Besar harapan kita semua, semoga kehadiran Mandalika Street Circuit dan MotoGP diharapkan dapat memberikan multiplier effect bagi perekonomian Indonesia, sebagai bagian dari Pemulihan Ekonomi Nasional, sekaligus menjadi peluang penetrasi pasar global yang luas bagi perusahaan, produk-produk BUMN, maupun UMKM di daerah,” tandas Nicke.

Pada kesempatan lain, Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer, menuturkan, bahwa pihaknya telah memulai pembangunan Sirkuit Mandalika pada tanggal 15 Agustus 2020, di tengah suasana pandemi. 

Abdulbar M Mansoer – Direktur Utama ITDC

Banyak tantangan yang dihadapi pihaknya dalam membangun sirkuit tersebut. Namun dengan dukungan berbagai pihak, mulai dari pemegang saham, pemerintah pusat dan daerah, BUMN, para mitra kerja, bahkan masyarakat. Sehingga pembangunan sirkuit dapat terus berjalan dan mencapai berbagai milestone, sesuai timeline yang telah direncanakan. 

“Hari ini milestone tersebut bertambah, dengan ditandatanganinya PKS Sponsorship Hak Penamaan Sirkuit, sekaligus peluncuran nama resmi sirkuit yang telah kita tunggu-tunggu. Untuk itu, perkenankan kami mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina (Persero) atas komitmennya bagi pengembangan pariwisata Indonesia melalui Sponsorship Mandalika International Street Circuit Naming Right,” tutup Abdulbar M Mansoer. (knda)

Don`t copy text!