fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

MotoGP Mandalika Diundur

MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok Diundur Ke Tahun 2022

Gubernur NTB: Tapi World Superbike Digelar Tahun Ini

Mataram, KOBAR – Simpang siur soal perhelatan balap MotoGP di Sirkuit Mandalika tahun ini, akhirnya dijawab dengan jelas dan lugas oleh Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah, Jum’at, (9/4).

“MotoGP gagal dilaksanakan di Mandalika? Jawabannya tidak. MotoGP tetap akan dilaksanakan di Mandalika, cuma bukan Oktober 2021, tapi di bulan Maret 2022,” kata Gubernur.

Lantas apa alasannya, sehingga diundur dari tahun 2021 ke tahun 2022, ia pun menjelaskan, bahwa sebenarnya pihak Dorna puas dengan kondisi sirkuit Mandalika, bahkan sangat yakin perlombaan bisa dilaksanakan Oktober 2021. Tapi, pihaknya lah  yang merasa agak berat untuk melaksanakannya tahun ini, sehingga diputuskan Maret 2022 saja.

“Alasannya, karena kita belum yakin Oktober 2021 ini kita sudah benar-benar bisa mengendalikan pandemi Covid-19. Kita ingin perhelatan MotoGP di NTB sukses sebagai etalase event internasional yang diselenggarakan Indonesia,” tuturnya.

Tim Dorna Sports di Mandalika
Gubernur NTB Bersama Tim Dorna Sports di Mandalika

Dengan pandemi yang belum sepenuhnya bisa dikendalikan, lanjutnya, rasanya tidak menarik jika event MotoGP tak dihadiri penonton. Penonton belum bisa membludak, selain karena protokol kesehatan yang ketat, juga karena international border di berbagai negara belum sepenuhnya dibuka.

“Jadi mending kita tunda sebentar ke bulan Maret 2022, dengan harapan vaksinasi lancar dan Covid-19 sudah terkendali. Disamping lingkungan sekitar kita juga akan lebih hijau dan asri di bulan Maret, ketimbang gersang tandus di bulan Oktober,” kata Zulkieflimansyah.

Kendati demikian, tambahnya, Sirkuit Mandalika Lombok tetap akan mulai digunakan tahun ini. Dorna telah mengagendakan pelaksanaan event World Superbike, lomba balap motor yang tak kalah bergengsinya dengan MotoGP pada bulan November 2021. Kemudian akan dilanjutkan dengan event World MotoCross 2021.

“Tapi untuk memuaskan dahaga para pecinta MotoGP, 14 November 2021, Dorna sudah mulai menyelenggarakan Superbike, yg tak kalah bergengsinya dengan MotoGP. Dan dilanjutkan dengan World MotoCross 2021 di Mandalika juga,” demikian Gubernur NTB. (kdon)

Don`t copy text!