fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Covid-19 Varian Delta di NTB - Wakil Gubernur NTB

Covid-19 Varian Delta Telah Masuk dan Menyebar di NTB

Mataram, KOBAR – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengumumkan, bahwa Covid-19 varian delta telah masuk dan menyebar di wilayah NTB. 13 orang di NTB telah dinyatakan positif Covid-19 varian delta.

“Kasus varian delta sudah masuk di NTB, dan tersebar di sejumlah Kabupaten/Kota di NTB. Tetapi hanya satu orang yang masih dalam perawatan intensif,” kata Hj Sitti Rohmi Djalilah, Wakil Gubernur NTB, dalam konferensi pers, Jum’at, (9/7).

Kasus orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian delta, lanjutnya, tercatat  ada di Kota Mataram, Lombok Barat, Kabupaten Sumbawa, dan Bima. Para penderita Covid-19 varian delta tersebut, katanya, mempunyai riwayat bepergian ke Pulau Jawa.

“Meski kasus covid-19 varian baru tersebut telah masuk ke NTB, namun kondisi di NTB masih aman. Ketersediaan oksigen, obat, dan vitamin aman. Masyarakat tetap kami imbau agar lebih patuh, disiplin, dan ketat menjalankan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan,” tegas Wakil Gubernur NTB.

Untuk diketahui, menurut Data Badan Litbangkes, Kementerian Kesehatan RI, bahwa pada 6 Juli 2021, tercatat ada sebanyak 553 kasus varian baru virus Corona di Indonesia. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari 6 varian baru virus Corona, yaitu; Alpha, Beta, Delta, Eta, Iota, dan Kappa. 

Dari keenam varian itu, varian Delta tercatat paling mendominasi di Indonesia dibandingkan varian lainnya, yaitu, sebanyak 436 kasus. Kemudian varian Beta berada pada urutan kedua dengan jumlah 57 kasus, 51 Alpha, 5 Eta, 2 Kappa, dan 1 kasus varian Iota. Dominasi varian delta ini disebabkan oleh karena varian ini memang jauh lebih mudah menular dibandingkan dengan varian yang lainnya. (kdon)

Don`t copy text!