fbpx
Lurah Menala Beri Tanda Rumah Warga yang Dihuni Orang Terpapar Covid-19

Lurah Menala Beri Tanda Rumah Warga yang Dihuni Orang Terpapar Covid-19

Taliwang, KOBAR – Untuk menghambat penyebaran Covid-19 di Kelurahan Menala, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Lurah Menala, Darmayadi, memutuskan untuk memberi tanda pada setiap rumah warga yang dihuni oleh orang yang dinyatakan positif Covid-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri.

“Hal ini perlu kami lakukan, agar warga di sekitar rumah orang yang sedang menjalani isolasi mandiri mengurangi interaksi dengan penghuni rumah. Kalau pun terpaksa harus berhubungan, diharapkan untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” jelas Darmayadi, Lurah Menala, kepada awak media ini, Rabu, (14/7).

Rumah Terpapar Covid 19 di Kelurahan Menala 1
Rumah Warga Kelurahan Menala yang Terpapar Covid-19

Hal tersebut, lanjutnya, merupakan bagian dari protokol 3T (Tracing, Testing, Treatment) yang harus ditempuh pemerintah setempat dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19. Hanya saja, penerapan praktik 3T, katanya, masih perlu ditingkatkan pemahamannya di masyarakat.

“Penerapan praktik 3T (Tracing, Testing, Treatment) sama pentingnya dengan penerapan perilaku 5M (Menggunakan masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Membatasi mobilitas, Menjauhi kerumunan). 3T berbicara tentang bagaimana kita memberikan notifikasi atau pemberitahuan pada orang di sekitar kita untuk waspada,” tegas Lurah Menala.

Rumah Terpapar Covid 19 di Kelurahan Menala 2
Rumah Warga Kelurahan Menala yang Terpapar Covid-19

Protokol T3 ini, terangnya, menjadi sangat penting, agar orang yang terpapar Covid-19 bisa segera mendapatkan perawatan secara intensif. Tak hanya itu, dengan mengetahui lebih cepat, masyarakat bisa menghindari potensi penularannya.

“Setelah diidentifikasi oleh petugas kesehatan, kontak erat pasien harus melakukan isolasi atau mendapatkan perawatan lebih lanjut. Dan status mereka penting sekali untuk diketahui masyarakat sekitar. Makanya setiap rumah yang dihuni orang yang sedang menjalani isolasi mandiri kami beri tanda,” terang Darmayadi.

Rumah Terpapar Covid 19 di Kelurahan Menala 3
Rumah Warga Kelurahan Menala yang Terpapar Covid-19

Untuk perawatan, tambahnya, jika ditemukan tidak ada gejala, maka orang tersebut harus melakukan isolasi mandiri. Sebaliknya, jika orang tersebut menunjukkan gejala, maka para petugas kesehatan akan memberikan perawatan di rumah sakit yang sudah ditunjuk pemerintah.

“Ini merupakan ikhtiar kita untuk menekan laju Covid-19. Kepada seluruh warga kami ajak untuk tetap taat dan patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19. Dan bagi siapapun yang belum disuntik vaksin, segera datangi pos-pos kesehatan kita untuk minta divaksin,” demikian Lurah Menala. (kdon)

Don`t copy text!