Sumbawa Barat Pernah Jadi Kabupaten Terkaya di Indonesia

Sumbawa Barat Pernah Jadi Kabupaten Terkaya di Indonesia

Taliwang, KOBAR – Menurut catatan Badan Pusat Statistis (BPS), pada tahun 2011 Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) termasuk Kabupaten/Kota terkaya di Indonesia. KSB menduduki peringkat keenam, dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar Rp 128 juta.

“Posisi tersebut diraih KSB, ketika PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) masih beroperasi di Tambang Batu Hijau, Kecamatan Sekongkang. Namun kini semuanya tinggal kenangan.”

Di atas KSB, ada 5 Kabupaten/Kota yang dinilai paling kaya di Indonesia pada tahun 2011. 

6 Kabupaten/Kota Terkaya di Indonesia, Berdasarkan Data BPS Tahun 2011:

1. Kota Bontang, Kalimantan Timur

Bontang menyandang predikat nomor satu sebagai kota terkaya di Indonesia. Dengan PDRB sebesar Rp 365,05 juta.

Sejumlah perusahaan besar beroperasi di Bontang. Diantaranya; Badak NGL (perusahaan tambang gas alam), Indominco Mandiri (perusahaan tambang batu bara), dan masih banyak lagi.

2. Kabupaten Mimika, Papua

Dengan keberadaan tambang emas dan tembaga PT Freeport Indonesia, Kabupaten Mimika menduduki posisi kedua dengan PDRB sebesar Rp 295 juta.

3. Jakarta Pusat, DKI Jakarta

Sebagai ibu kota, Jakarta Pusat bertengger di posisi ketiga dengan PDRB mencapai Rp 224,41 juta.

4. Kota Kediri, Jawa Timur

Dengan PDRB sebesar Rp 202,33 juta, Kota Kediri, Jawa Timur menduduki peringkat keempat. 

Sejak dahulu, kota ini dikenal sebagai kota penghasil rokok dengan puluhan pabrik yang tersebar di penjuru kota. 

Dari sekian banyak pabrik rokok di kota ini, pabrik rokok PT Gudang Garam Tbk adalah pabrik rokok terbesar yang berlokasi di Kota Kediri.

5. Kabupaten Siak, Riau

Kota Siak berlokasi di tepian Selat Malaka, yang sangat berdekatan dengan Singapura dan Malaysia. Memiliki PDRB sebesar Rp 156,35 juta, sektor ekonomi yang paling berkembang adalah perdagangan, jasa, dan pertambangan.

6. Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat

Di posisi keenam, adalah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Nusa Tenggara Barat (NTB). Sumbawa Barat menduduki posisi keenam terkaya dengan PDRB sebesar Rp 128 juta.

Ini bukanlah hal yang aneh, mengingat salah satu tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia, yaitu PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) berada di Kabupaten ini.

********

Pada tahun 2020, BPS kembali merilis 10 daftar Kabupaten/Kota terkaya di Indonesia, berdasarkan data BPS tahun 2019. Peringkat Kabupaten/Kota terkaya diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

PDRB per kapita merupakan gambaran dari rata-rata pendapatan yang diterima oleh setiap penduduk selama 1 tahun di suatu wilayah/daerah. Kabupaten/Kota paling kaya di sini, bukan berarti seluruh penduduknya kaya raya. Sebab pendapatan per kapita tidak menunjukkan pembagian pendapatan yang merata. Bisa jadi kekayaan ini terpusat pada satu lapisan kecil dari populasi masyarakat, karena mereka menguasai sumber-sumber ekonomi di daerah tersebut.

Mayoritas Kabupaten/Kota yang masuk dalam daftar ini, merupakan wilayah yang memiliki populasi penduduk yang relatif sedikit, namun dianugerahi kekayaan alam yang amat berlimpah, serta menjadi tempat beroperasinya perusahaan berskala besar.

10 Kabupaten/Kota Terkaya di Indonesia, Berdasarkan Data BPS Tahun 2019:

1. Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat

Secara mengejutkan posisi pertama diduduki oleh Kabupaten Teluk Bintuni. Wilayah yang terletak di Provinsi Papua Barat ini memiliki PDRB per kapita sebesar Rp 487,41 juta. 

Kabupaten yang memiliki populasi sebanyak 80.115 jiwa (Tahun 2019), dianugerahi kekayaan alam yang melimpah, terutama gas alam dan berbagai macam hasil tambang.

2. Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Posisi kedua ditempati oleh Kepulauan Anambas, dengan PDRB per kapita sebesar Rp 401,86 juta. Meski lokasinya cukup terisolir, kabupaten ini terkenal sebagai wilayah penghasil minyak dan gas.

3. Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur

Posisi ketiga diisi oleh Kabupaten Kutai Timur, dengan PDRB per kapita mencapai Rp 355 juta. Wilayah ini merupakan tempat beroperasinya tambang batu bara terbesar di Indonesia, yang saat ini dikelola oleh PT Bumi Resources Tbk (BUMI). Tambang tersebut bernama Kaltim Prima Coal, yang membentang seluas 84.938 hektar. 

4. Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Kabupaten yang menjadi bagian Provinsi DKI Jakarta ini berhasil menempati urutan keempat sebagai wilayah terkaya di Indonesia. PDRB per kapita-nya menyentuh angka Rp Rp 327,98 juta.

5. Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau

Terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Kabupaten Natuna tercatat memiliki PDRB Per Kapita Rp 280,18 juta. Sebagian besar sumber pendapatan tersebut berasal dari sektor migas dan perikanan.

6. Kabupaten Mimika, Papua

Mimika menempati posisi keenam dengan PDRB sebesar Rp 249,58 juta. Kabupaten ini merupakan markas dari perusahaan tambang emas terbesar di Indonesia, yaitu, PT Freeport Indonesia.

7. Kabupaten Bengkalis, Riau

Posisi ketujuh diduduki oleh Kabupaten Bengkalis, dengan PDRB per kapita sebesar Rp 248,60 juta. Wilayah ini memiliki letak yang strategis, karena dilalui oleh jalur perkapalan internasional menuju ke Selat Malaka. Sementara itu, sumber pendapatan terbesarnya berasal dari sektor migas dan perkebunan.

8. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 

Kabupaten Kutai Kartanegara dinobatkan sebagai kabupaten terkaya urutan kedelapan dengan PDRB per kapita Rp 207,05 juta per tahun.

9. Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara

Tana Tidung merupakan Kabupaten termuda di Provinsi Kalimantan Utara. Yang terdiri dari 5 Kecamatan dan 32 Desa. Tana Tidung menduduki posisi kesembilan dengan PDRB sebesar Rp 200,01 juta. 

10. Kutai Barat, Kalimantan Timur 

Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, berada di posisi 10 dengan PDRB per kapita Rp 195,00 juta per tahun. **

Don`t copy text!