fbpx
GERAM KSB Layangkan Surat Ke Menteri ESDM, Tuntut Keterbukaan Aliran Dana CSR PT Amman Mineral Nusa Tenggara

GERAM KSB Layangkan Surat Ke Menteri ESDM, Tuntut Keterbukaan Aliran Dana CSR PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Taliwang, KOBAR – Setelah melakukan aksi unjuk rasa secara maraton menuntut keterbukaan Pemerintah dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT) soal aliran dana Corporate Social Responsibility (CSR) PTAMNT selama ini. Akhirnya, Gerakan Muda Sumbawa Barat (GERAM KSB) melayangkan surat resmi kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia (RI).

GERAM KSB Tuntut Keterbukaan Aliran Dana CSR Amman Mineral Unjuk Rasa GERAM KSB di Gate PTAMNT
Aksi Unjuk Rasa GERAM KSB di Depan Gate PTAMNT

“Ini merupakan bentuk pengawasan kami, khususnya dalam implementasi realitas dana CSR PTAMNT. Maka kami dari GERAM KSB mengajukan permohonan data RKAB CSR PTAMNT tahun 2019 hingga 2020, yang kami anggap tidak jelas pengalokasiannya,” tutur Tonyman Al Kasyim, Koordinator Lapangan GERAM KSB, kepada awak media ini, Selasa, (6/7).

GERAM KSB Tuntut Keterbukaan Aliran Dana CSR Amman Mineral Unjuk Rasa GERAM KSB di Gate PTAMNT 4
Aksi Unjuk Rasa GERAM KSB di Depan Gate PTAMNT

Surat permohonan terkait itu, lanjut Tony, telah dilayangkan kepada Menteri ESDM RI dan Dinas ESDM NTB. Hal itu dilakukan, katanya, sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2018, tentang keterbukaan informasi publik. Yang mana disebutkan, bahwa hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia, dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

“Dana CSR PTAMNT menurut Ahmad Salim, yang merupakan perwakilan Amman Mineral saat beraudiensi dengan kami adalah sebesar USD 2,8 juta. Jika dikalikan kurs Rp 14.000, atau dirupiahkan, maka sekitar Rp 39,2 miliar. Lantas dibawa ke mana dan dialokasikan untuk apa, serta siapa yang bertanggung jawab dengan dana sebesar itu?,” tukasnya, dengan penuh tanda tanya.

GERAM KSB Tuntut Keterbukaan Aliran Dana CSR Amman Mineral Unjuk Rasa GERAM KSB di Gate PTAMNT 1
Aksi Unjuk Rasa GERAM KSB di Depan Gate PTAMNT

Tuntutan keterbukaan tentang aliran dana CSR PTAMNT juga, tambah Tony, berpedoman pada Pasal 28F UUD 1945, yang menegaskan, bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi, untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi, dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

“Oleh karena itu, kami terus mengejar itu. Terima kasih kepada warga KSB untuk doa dan supportnya. Semoga apa yang kita perjuangkan selama ini berjalan dengan baik.” tutup Koordinator Lapangan GERAM KSB. (klar)

Don`t copy text!