fbpx
Mimpi Punya Emas Batangan Berlogo Sumbawa Barat

Mimpi Punya Emas Batangan Berlogo Sumbawa Barat

(Menuju Satu Dasawarsa Kabupaten Sumbawa Barat)

Oleh: Yahya Soud *

Bumi emas mungkin layak dijadikan “brand” bagi Kabupaten Sumbawa Barat. predikat bumi emas tidaklah berlebihan karena memang saat ini di KSB sedang beroperasi PT. Newmont Nusa Tenggara, sebuah perusahaan tambang multi nasional. Terlepas dari kontroversi tentang pertambangan yang menjadi isu di beberapa wilayah di NTB bahwa faktanya PT. Newmont Nusa Tenggara memberikan dampak psikologis yang cukup signifikan bagi masyarakat. Kebanggaan !

Bangga menjadi Sumbawa Barat jika ditelusuri secara psikologis adalah bangga terhadap daerah yang memiliki kandungan emas berlimpah.

Setiap orang Kabupaten Sumbawa Barat seperti dilabelisasi dengan daerah kaya dan makmur. Sampai-sampai Kabupaten Sumbawa Barat tercatat sebagai daerah kaya urutan keenam yang kemudian ditepis oleh Bupati Sumbawa Barat sendiri bahwa angka statistik itu belum mewakili apa sesungguhnya yang terjadi.

Selama ini dianggap bahwa kehadiran PT. Newmont Nusa Tenggara belum memberikan manfaat yang signifikan karena mempengaruhi postur DAU dari pusat, karena kontribusi PT. Newmont Nusa Tenggara disetor dulu ke Jakarta, kemudian Jakarta membagi ke daerah-daerah, sehingga menjadi wajar KSB sebagai daerah tempat operasi tambangnya merasa ada sesuatu yang tidak adil dengan system dan pola Kontrak Karya yang merupakan hasil kesepakatan pihak PT. Newmont dengan rezim Orde Baru. Desakan dan tekanan yang dilakukan oleh Kabupaten Sumbawa Barat kepada Pemerintah Pusat dan kepada PT. Newmont Nusa Tenggara adalah cermin dari adanya permasalahan ketidakadilan yang selama ini terjadi. Akhirnya bangga punya “bumi emas”, menjadi dongeng.

“…akan kita pindahkan emas yang ada di batu hijau itu ke kepala-kepala generasi Sumbawa Barat…” (Zulkifli Muhadli, 2006)

Kalimat sakti di atas diterjemahkan dengan pengelolaan dan pemanfaatan royalty dan pendapatan daerah lainnya dari operasi tambang PT. Newmont dimanifestasikan pada program-program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh PT. Newmont Nusa Tenggara sendiri, kerjasama, dan melalui program dan kegiatan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Sedangkan, Emas adalah logam mulia jika diartikan secara harfiah, emas; secara istilah, diartikan sebagai kemuliaan, kebesaran, dan puncak karya.

Namun kelak, anak cucu manusia masa depan Sumbawa Barat hanya akan mendengar legenda bahwa dahulu tanahnya memiliki kandungan emas yang melimpah, tapi orang-orangnya tak pernah melihat dan memiliki emas itu. Artinya, Orang KSB mestinya punya emas dari tanahnya sendiri, ya, emas original KSB.

“Emas di tanah Sumbawa Barat adalah dongeng” tidak boleh terjadi. Emas sebagai symbol dan nilai seharusnya bergandengan, sama halnya dengan KSB sebagai sebuah symbol dan nilai bagi seluruh masyarakatnya. Masyarakat Sumbawa Barat seharusnya memiliki emas original KSB pada usia 1 dasawarsa pada tahun 2013 nanti. Ya, emas batangan berlogo Kabupaten Sumbawa Barat.

Punya emas batangan berlogo Kabupaten Sumbawa Barat sepertinya bukan hal yang berlebihan ataupun hanya menjadi fantasi belaka, tapi punya emas batangan berlogo Kabupaten Sumbawa Barat adalah mimpi yang realistis. Realisasi mimpi ini dapat dilakukan melalui pendapatan daerah dari sektor pertambangan. Pendapatan daerah yang sah itu dalam bentuk emas batangan berlogo Kabupaten Sumbawa Barat, dan dilakukan secara berkelanjutan tiap periode sehingga emas batangan berlogo Sumbawa Barat akan terus bertambah tiap kurun waktu, dan nilai emas batangan itu akan terus meningkat tanpa harus terganggu oleh fluktuasi mata uang dunia.

Mengapa Emas:

1. Emas dan Inflasi

Ketika Cina diserbu Jepang pada masa Perang Dunia, rakyat Cina panik dan mereka berbondong-bondong menyerbu emas sehingga harga emas naik luar biasa. Di Indonesia, pada saat terjadi rush kebutuhan pokok di pasar swalayan pada 8 Januari 1998 (pagi hari sebelum pengumuman APBN oleh Presiden Suharto di hadapan DPR), harga emas juga langsung melonjak. Dalam selang satu dua hari saja, harga emas langsung naik kurang lebih sebanyak 1,5 kali. Dan harga tersebut, walaupun secara fluktuatif, cenderung naik terus waktu itu –sebelum akhirnya turun lagi ketika inflasi kembali berada di bawah dua digit.

Fakta membuktikan, bila terjadi inflasi tinggi, harga emas akan naik lebih tinggi daripada inflasi. Semakin tinggi inflasi, semakin tinggi kenaikan harga emas. Statistik menunjukkan bahwa bila inflasi mencapai 10 persen, maka emas akan naik 13 persen. Bila inflasi 20 persen, maka emas akan naik 30 persen. Tetapi bila inflasi 100 persen, maka emas Kita akan naik 200 persen. Inilah kenapa sebaiknya mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam bentuk emas. Ini karena emas dipercaya sebagai investasi penangkal inflasi. Semakin tinggi inflasi, biasanya akan semakin baik kenaikan nilai emas yang dimiliki. Tetapi, patut dicatat bahwa harga emas akan cenderung konstan bila laju inflasi rendah, bahkan cenderung sedikit menurun apabila laju inflasi di bawah dua digit. Jadi, emas hanya akan bagus bila terjadi inflasi moderat (dua digit), dan akan lebih bagus lagi bila terjadi inflasi hiper (tiga digit).

2. Investasi emas

Emas tersedia dalam beberapa pilihan. Beberapa di antaranya yang paling dikenal adalah emas perhiasan dan emas batangan. Satu yang juga mulai populer diIndonesiaadalah koin emas.

Bila berinvestasi emas untuk jangka pendek, biasanya akan sulit mendapatkan keuntungan kalau bentuknya emas perhiasan. Ini karena kalau kita datang ke toko dan membeli emas perhiasan, Kita harus membayar harga emas plus ongkos pembuatannya. Nah, ketika suatu saat kita menjualnya kembali, maka toko tidak akan mau membayar ongkos pembuatan dari perhiasan emas tersebut. Ia hanya akan membayar harga emasnya saja. Malah, masih untung sebetulnya kalau toko mau menerima emas perhiasan Kita. Beberapa toko kadang-kadang menolak penjualan emas perhiasan dari masyarakat. Penyebabnya bisa bermacam-macam.

Salah satunya adalah karena mereka takut kalau-kalau emas perhiasan itu tidak laku lagi apabila dijual. Jadi, kalaupun mereka membelinya lagi, mereka harus melebur emas tersebut.

Karena itu, investasi dalam bentuk emas perhiasan lebih untung kalau disimpan untuk jangka panjang. Karena biasanya harga emas Kita sudah naik jauh dibanding ketika Kita membelinya.

Emas perhiasan tersedia dalam berbagai macam karat, di antaranya 18 – 24 karat. Untuk investasi, alangkah baiknya bila Kita memilih emas perhiasan senilai 24 karat. Ini karena kemungkinan emas perhiasan Kita bisa dijual kembali jauh lebih besar dibanding emas perhiasan yang 18 karat. Sekali lagi, investasi dalam bentuk emas perhiasan biasanya baru akan memberikan hasil yang menguntungkan dalam jangka panjang, bukan jangka pendek.

Investasi emas yang menurut saya cukup baik adalah investasi emas dalam bentuk batangan (emas logam mulia). Emas ini cukup baik bila dijadikan investasi, dan siapapun tak menyangkal bahwa emas batangan – berbeda dengan emas perhiasan- mudah untuk dijual kembali. Selain itu, emas batangan tidak meminta ongkos pembuatan seperti halnya emas perhiasan. Karena itu, bila Kita ingin melakukan investasi emas, maka tak ada salahnya Kita mempertimbangkan investasi dalam bentuk emas batangan.

3. Emas Batangan dan Pendapatan Daerah

Harga emas di Indonesia sangat dipengaruhi oleh harga pasar emas dunia, seperti london, New york atau pasar Hongkong, oleh karena itu untuk menentukan harga emas di Indonesia dalam rupiah kita bias menggunakan Rumus di bawah ini :

(Harga pada Kitco.com + 0,5 ) X Kurs

Harga emas dalam rupiah = —————————————————–

31,1035

Keterangan : Harga emas pasar londonkitco.com (harga dalam dolar) dapat diperoleh dari www.kitco.com atau dapat diambil dari web ini pada panel sebelah kiri yang merupakan pergerakan harga riel pasar emas dunia.

Kurs rupiah dapat diperoleh dari http://klikbca.com atau kurs BI di www.BI.go.id namun lebih baik menggunakan kurs di BCA karena kurs ini Real time dan selalu di Update. Kurs yang diambil adalah Kurs Jual. Dibagi dengan 31,1035 karena harga emas dunia dalam satuan Troy Ounce, sedangkan satu TO = 31,1035 gram. (www.hargaemasantam.com) Mudah bukan untuk menentukan harga emas dalam rupiah, namun perlu diingat bahwa harga tersebut adalah harga atas, artinya bahwa harga pasaran biasanya hanya 97% dari harga itu. Dalam harga emas dikenal ada harga beli dan harga jual, ini dilihat dari sisi penjual. Harga 97% merupakan harga Beli.

Harga Emas Batangan – Harga Logam Mulia Produksi Aneka Tambang

Gram                                        Harga per Gram

                                                                  (Rp)

1                                                          548.000

2                                                          527.000

2.5                                                       522.800

3                                                          520.000

4                                                          516.500

5                                                          516.500

10                                                        512.500

25                                                        509.480

50                                                        507.940

100                                                     507.240

250                                                     506.320

1000                                                   506.000

Update: Jumat, 17 Februari 2012 via www.hargaemasantam.com

Pendapatan Kabupaten Sumbawa Barat terus ditingkatkan, salah satunya adalah bersumber dari PT. Newmont Nusa Tenggara. Jika pendapatan tersebut dimanifest-kan dalam bentuk emas batangan Ilustrasinya sebagai berikut:

Jika emas batangan yang menjadi pendapatan daerah dari PT. Newmont Nusa Tenggara = 10 kg / tahun

1 kg = 1000 gram

10 kg = 10000 gram

harga 1 gr = Rp. 548.000,-

harga 10 kg = Rp. 5.480.000.000,- tiap tahun

pada tahun ke 10 = Rp. 50.480.000.000,- (dengan asumsi tidak terjadi inflasi. Jika terjadi inflasi maka harga emas akan naik) dalam bentuk 100 kg emas batangan pada tahun ke 30 = Rp. 164.400.000.000,- (dengan asumsi tidak terjadi inflasi. Jika terjadi inflasi maka harga emas akan naik) dalam bentuk 300 kg emas.

Nilai uang tersebut di atas jika diwujudkan dalam program dan kegiatan pemerintah daerah maka akan menjadi belanja daerah yang perhitungannya akan habis pada tahun anggaran berjalan. Tapi jika dalam bentuk emas batangan yang diinvestasikan dalam jangka waktu tertentu, Pemerintah Daerah akan bisa menggunakan keuntungan investasi tersebut untuk program dan kegiatan yang sasarannya adalah publik dan yang tak kalah pentingnya adalah KSB punya harta berupa emas batangan yang berlogo lebah madu didalam lingkaran hexagonal. Inilah yang akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat, inilah yang bisa kita katakan bahwa kita punya emas original dari tanah sendiri, Emas Sumbawa Barat yang lestari.

Pada gilirannya Emas batangan itu akan mengandung nilai asset dan ekonomi yang tinggi sekaligus menjadi symbol kebanggaan masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat. Kelak, anak cucu kita, dan manusia masa depan Sumbawa Barat akan berkata dengan bangga: “kami punya emas batangan berlogo Sumbawa Barat, emas original dari tanah kami sendiri”.

*) Penulis Adalah Kabag. Humas Pemkab Sumbawa Barat.

Don`t copy text!