PWI KSB Gandeng AMMAN Garap Potensi Desa Talonang Sumbawa Barat

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

PWI KSB Gandeng AMMAN Garap Potensi Desa Talonang Sumbawa Barat - Hairil W Zakariah, Ketua PWI KSB

PWI KSB Gandeng AMMAN Garap Potensi Desa Talonang Sumbawa Barat

Taliwang, KOBARKSB.com – Dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-77, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menggandeng PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) untuk melakukan Ekspedisi di Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang

“Kami bersama Amman Mineral telah menyepakati pelaksanaan Ekspedisi Talonang dari tanggal 22 hingga tanggal 24 Agustus 2022 mendatang. Kegiatan ini akan dipusatkan di Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang,” tutur Hairil W Zakariah, Ketua PWI KSB, kepada awak media ini, Sabtu, (30/7).

Kawasan Pantai Mawil, Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang

Menurut Hairil, Ekspedisi Talonang ini dilaksanakan sebagai bagian dari kontribusi PWI dalam mendukung investasi berkelanjutan yang memiliki komitmen terhadap kelestarian lingkungan dan asas kemanfaatan untuk masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya, tukas Hairil, dalam Ekspedisi Talonang ini mengusung tema “Investasi Berkelanjutan, Lingkungan Lestari, Masyarakat Berdaya”.

Pantai Mawil, Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang

“Mendukung investasi adalah suatu keniscayaan bagi semua pemangku kepentingan, karena kemerdekaan secara ekonomi dan sosial bisa dicapai. Salah satunya melalui investasi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat,” tegas Hairil.

Ekspedisi Talonang kali ini, terang Hairil, akan diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain; Kemah bakti, sosialisasi pelestarian penyu hijau, pelepasan tukik, donasi untuk siswa tidak mampu di Desa Talonang Baru, program pencegahan stunting, eksplore potensi wisata dan pengembangan ekonomi masyarakat di wilayah selatan Sumbawa Barat.

Penyu Hijau di Pantai Talonang, Kecamatan Sekongkang

“Kita juga akan mendalami program social impact (CSR) yang telah dilaksanakan Amman Mineral di wilayah lingkar tambang. Kami akan lakukan kunjungan ke lokasi pabrik smelter yang masa konstruksinya akan dimulai pada Oktober mendatang,” beber Ketua PWI KSB.

Adapun alasan pihaknya memilih Desa Talonang Baru sebagai pusat kegiatan, jelas Hairil, karena Desa ini dinilai memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Sebab sebagai desa terjauh dari pusat pemerintahan KSB, kata Hairil, Desa eks UPT Transmigrasi ini memiliki pantai yang indah dan menjadi lokasi bertelur penyu hijau. 

“2 hal itu jika dikelola secara profesional untuk pariwisata, maka bisa menjadi penopang ekonomi masyarakat. Sehingga aktivitas perburuan telur penyu sebagai salah satu mata pencaharian sebagian warga bisa ditekan,” ujar Hairil.

Penduduk Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang

Ekspedisi Talonang ini, ungkap Hairil, akan diikuti oleh 20 orang wartawan yang tergabung dalam PWI KSB. Dengan harapan, kata Hairil, ketika terpublish melalui karya jurnalistik di berbagai media, maka berbagai potensi yang ada di Desa Talonang bisa dikenal lebih luas, menarik investasi, dan mendorong pemangku kebijakan untuk bergerak cepat menuntaskan kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan potensi tersebut.

“Kami sampaikan apresiasi kepada Amman Mineral dan Pemda KSB yang telah merespon baik pelaksanaan Ekspedisi Talonang ini. Kita berharap dengan momentum HUT RI Ke-77 yang bertema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, niscaya bisa menjadi motivasi bagi semua pihak untuk memberikan kontribusi terbaik demi kemajuan masyarakat, daerah, bangsa, dan negara,” demikian Ketua PWI KSB. (kdon)

About Post Author

Don`t copy text!