Kekeringan dan Krisis Pengairan Masih Jadi Momok Petani Talonang Baru

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Kekeringan dan Krisis Pengairan Masih Jadi Momok Petani Talonang Baru - Kekeringan di Desa Talonang Baru, Sekongkang, Sumbawa Barat

Kekeringan dan Krisis Pengairan Masih Jadi Momok Petani Talonang Baru

Sekongkang, KOBARKSB.com – Kendati telah sekian tahun menjadi bagian dari Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Akan tetapi hingga saat ini, persoalan kekeringan dan pengairan lahan pertanian bagi Petani Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang, masih jadi momok yang belum teratasi.

Lahan Pertanian Desa Talonang Baru

“Untuk menopang kebutuhan ekonomi, kami hanya mengandalkan hasil pertanian, baik jagung ataupun padi. Akan tetapi yang masih jadi kendala hingga saat ini adalah persoalan sumber air. Kami hanya mengandalkan air tadah hujan, sehingga pengelolaan pertanian tidak efektif,” tutur Budi Haryo, Kepala Desa Talonang Baru, kepada awak media ini, dalam Ekspedisi Talonang 2022 PWI KSB, Selasa, (23/8).

Petani Talonang

Menurutnya, lahan pertanian di Desa Talonang Baru begitu luas. Namun karena persoalan pengairan dan sumber air, lahan pertanian tersebut tidak terkelola dengan baik. Sehingga pihaknya, kata Budi, sangat berharap persoalan ini menjadi perhatian serius Pemda setempat.

“Lahan pertanian Desa Talonang Baru seluas 1.250 hektar. Dengan 574 KK, 5 Dusun, dan 17 RT. Serta terdiri dari 22 Kelompok Tani. Dengan luas lahan yang dikelola tersebut, warga berharap agar Pemerintah atau PT AMMAN bisa menunjang kebutuhan air pertanian mereka dengan memberikan bantuan sumur bor dan alat pertanian lainnya,” tutup Kepala Desa Talonang Baru.

Ekspedisi Talonang 2022 – PWI KSB

Untuk diketahui, Talonang merupakan kawasan Satuan Pemukiman (SP), yang dihuni oleh berbagai suku. Desa Talonang Baru merupakan Desa paling ujung di bagian selatan Sumbawa Barat. Akses jalan menuju Desa ini telah beraspal dan Desa ini telah diterangi listrik, serta kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat telah terpenuhi. (kdon)

About Post Author

Don`t copy text!