KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Musyafirin Ungkap Jalan Ninja yang Ditempuh dalam Membangun Sumbawa Barat - H W Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat

Musyafirin Ungkap Jalan Ninja yang Ditempuh dalam Membangun Sumbawa Barat

Taliwang, KOBARKSB.com – Bupati Sumbawa Barat, H W Musyafirin, mengungkapkan, bahwa selama memerintah dan membangun Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dirinya menempuh 4 jalan. Dan selama menempuh jalan tersebut, dirinya mengakui, telah melalui aneka aral yang menghalang.

“Kita telah berupaya membangun KSB ini melalui 4 jalan. Yang pertama melalui jalan tanah. Kini di KSB tidak ada lagi desa tertinggal, semua jalan raya di KSB sudah tersambung dengan aspal,” kata Musyafirin di hadapan tokoh masyarakat dan warga KSB yang berdomisili di Jabodetabek, Sabtu, (11/6).

Yang kedua, lanjutnya, yakni, melalui jalan api/listrik. Yang mana saat ini, kata Musyafirin, sudah tidak ada lagi warga KSB yang tidak menikmati listrik. 

“Yang ketiga, jalan air. Sekarang kebutuhan air bersih untuk kehidupan masyarakat KSB sudah terpenuhi dengan baik. Dan yang terakhir, jalan angin. Saat ini di KSB tidak ada lagi wilayah yang tidak dijangkau sinyal telekomunikasi,” tuturnya.

Semua hal itu, kata Musyafirin, adalah merupakan tujuan KSB dibentuk. Dan dirinya, ucap Musyafirin, melanjutkan dan menambah serta melengkapi apa yang telah dibangun Bupati sebelumnya.

“Saya melanjutkan amanah kepemimpinan ini setelah Pak Kyai Zul memimpin KSB. Semangatnya sama, agar bagaimana pendekatan pelayanan terhadap masyarakat lebih mudah. Contohnya, sebelum KSB terbentuk, masyarakat sulit berobat ke Taliwang dikarenakan akses yang sangat sulit. Kini sudah tidak lagi!,” ujar Musyafirin.

Sejumlah sarana dan prasarana pendukung suatu daerah otonom pun, kata Musyafirin, satu persatu telah diwujudkan selama dirinya memimpin.

“Kita saat ini telah memiliki kantor Kejaksaan. Dimana sebelumnya kita masih bersatu dengan Kabupaten Sumbawa. Dan bangunan Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat adalah bangunan termegah di NTB. Demikian juga TNI, saat ini kita sudah ada markas Kodim. Pengadilan Negeri dan Lapas sudah kita usulkan. Kompi Brimob saat ini sedang kita siapkan pembangunannya,” bebernya.

Kendati demikian, lanjutnya, dari sekian banyak kesuksesan yang telah ditorehnya, tentunya tidak lepas dari aral dan rintangan, terutama dalam hal membangun jalan pikiran masyarakat KSB. 

“Kita membangun pasar di Kecamatan misalnya, tapi ternyata tidak ada yang berjualan. Ada yang berjualan, tapi sangat sedikit pelakunya orang-orang KSB. Kita berusaha membangun akses jalan, tapi tidak jadi, karena ulah salah satu oknum. Itulah sulitnya kita membangun jalan pikiran masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, dirinya juga meminta dukungan dan memohon didoakan, agar pembangunan bandar udara (bandara) di Desa Kiantar, Kecamatan Poto Tano, dapat segera terlaksana dan dapat berjalan dengan lancar.

“Konstruksi bandara akan dimulai pada bulan Agustus tahun 2022 ini. Keberadaan bandara nantinya akan memberikan dampak terhadap peningkatan aktivitas ekonomi dan pariwisata yang ada di KSB,” demikian Bupati Sumbawa Barat. (kdon)

Don`t copy text!