fbpx
Suka Pantai? Datanglah Ke Sumbawa Barat

Suka Pantai? Datanglah Ke Sumbawa Barat

Pantai Maluk SumbawaOrang banyak mengira kalau Sumba itu adalah Sumbawa, padahal kan beda daerah. Tulisannya saja sudah beda apalagi tempatnya. Sumbawa berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau ini dibatasi oleh Selat Alas di sebelah barat (memisahkan dengan Pulau Lombok).

Umumnya orang yang sudah bosan ke Bali biasanya mengunjungi Pulau Lombok, dan destinasi yang sangat terkenal setelah Lombok adalah Sumbawa Barat.

Sumbawa mulai populer karena banyak wisatawan yang sudah mulai bosan dengan Bali dan Lombok. Mereka mencari suasana lain yang dekat dengan kedua Pulau Wisata ini.

Akses menuju Sumbawa Barat masih terbatas karena belum ada bandara di Sumbawa Barat membuat akses untuk para wisatawan terbilang sulit. Biasanya wisatawan yang ingin mengunjungi Sumbawa Barat harus melalui Lombok dan melanjutkan perjalanan darat dari Bandara Internasional Lombok di Kabupaten Lombok Tengah menuju Pelabuhan Kayangan di Kabupaten Lombok Timur. Dari pelabuhan Kayangan ini harus memakai speedboat atau kapal feri menuju Pelabuhan Benete di Sumbawa Barat.

Memang yang mudah adalah akses dari Lombok menuju Sumbawa Barat ini. Untuk menuju Pelabuhan Kayangan banyak transportasi bus atau angkot yang tersedia, baik dari Kota Mataram atau Bandara Internasional Lombok.

Setelah tiba di Pelabuhan Kayangan, ada beberapa alternatif akomodasi menuju Sumbawa Barat.

Transportasi Laut

Dari Pelabuhan Kayangan ke Pelabuhan Benete salah satu transportasinya bisa menggunakan speedboat Tenggara Satu. Tiket dan jadwal kapal Tenggara Satu ini Rp 100.000 sekali jalan. Speedboat Tenggara Satu ini diprioritaskan untuk karyawan perusahaan tambang PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) dan kontraktor.

Jadwal Tenggara Satu yakni 2 kali sehari. Bila ingin menggunakan fasilitas Tenggara Satu, hindari jadwal sibuk kepulangan dan kedatangan karyawan. Biasanya pada saat weekend susah untuk memesan tiket kapal ini karena umumnya karyawan yang bekerja di PT NNT pulang kampung ke Pulau Lombok atau berlibur di hari weekend.

Jadwal sibuk speedboat Tenggara Satu adalah setiap Minggu sore, pukul 17.00 dan Senin pukul 10.00 dari Pelabuhan Kayangan – Benete. Selanjutnya tiap Jumat pukul 14.30 dan Sabtu pukul 08.00 dari Pelabuhan Benete – Kayangan. Usahakan hindari kedua hari dan jam ini.

Lantas, bagaimana kalau tidak mendapatkan speedboat Tenggara Satu ini? Tenang, ada banyak alternatif lainnya yaitu menggunakan transportasi laut umum yakni feri yang dikelola PT ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) dari Pelabuhan Kayangan (Lombok Timur) – Pelabuhan Poto Tano (Sumbawa Barat).

Penyebrangan Kayangan – Tano – Kayangan dilakukan selama 24 jam. Penyeberangan dilakukan setiap jam dengan tiket Rp 20.000 per orang. Tarif menyeberangkan mobil sebesar Rp 378.500 (sudah termasuk penumpang mobil).

Transportasi Darat

Jika kita sedang berlibur di Pulau Lombok dan ingin melanjutkan liburan ke Sumbawa Barat banyak terdapat angkutan umum dari Mataram, Lombok.

Dari Mataram banyak terdapat Travel Mataram ke Pelabuhan Benete. Berikut detailnya. Tarif per orang Rp 35.000 Pelabuhan Kayangan-Mataram. Sewa mobil dari Pelabuhan Kayangan – Bandara Internasional Lombok sebesar Rp 300.000. Saat ini belum ada transportasi umum dari Pelabuhan Kayangan menuju Bandara Internasional Lombok.

Untuk berkeliling Sumbawa Barat harus menyewa mobil dan Travel Sumbawa Barat. Harga sewa satu unit mobil dari Pelabuhan Poto Tano menuju Maluk sebesar Rp 300.000. Bus umum dari Pelabuhan Poto Tano-Maluk Rp 40.000 per orang.

Memang akomodasi ke Sumbawa Barat termasuk agak susah bagi turis biasa yang ingin liburan, karena letak Sumbawa Barat di remote area dan susah dijangkau.

Tetapi ketika kita sampai di sana terbayar sudah lelah perjalanan dengan dimanjakan pantai-pantai yang sangat indah dan hampir sebagian besarnya adalah pantai yang masih perawan.

Sumbawa Barat memang dikenal akan keindahan pantainya. Pantai-pantai yang terdapat di Sumbawa Barat ini ternyata banyak yang lebih indah daripada pantai-pantai di Bali maupun Lombok.

Inilah pantai yang wajib dikunjungi di Sumbawa Barat.

Pantai Maluk

Pantai Maluk

Pantai Maluk ini berada di sebuah teluk, yang berada di Desa Maluk, Jereweh, Sumbawa Barat. Yang membuat indah karena Pantai Maluk ini diapit oleh dua bukit, yaitu Bukit Mantun di sebelah utara dan Bukit Balas di sebelah selatan. Panorama pantai ini sangat indah, dengan pasir putih yang berkilauan.

Pantai Maluk bisa dibilang cukup ramai dikunjungi turis karena letaknya berdekatan dengan kota Maluk, Selain penduduk setempat, banyak peselancar yang ingin belajar surfing datang ke pantai ini.

Dendeng pedas banyak dijumpai di warung pinggir pantai Maluk. Selain berselancar, masih banyak aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di Pantai Maluk. Anda bisa berenang, berjemur, bermain kano, atau sekadar bermalas-malasan sambil bermain pasir di pinggir pantai.

Pasir pantai yang putih bersih dan laut yang dangkal sangat cocok dan untuk melakukan berbagai aktivitas tersebut. Di sekitar Pantai Maluk terdapat beberapa restoran dan warung makan yang akan memuaskan kuliner Anda.

Pantai Rantung

Pantai RantungPantai Rantung salah satu tempat berselancar terbaik di Indonesia, bahkan di dunia. Ombak di pantai ini termasuk dalam daftar ombak terbaik di dunia. Nggak heran kalau Pantai Maluk terkenal ke berbagai penjuru dunia dan banyak kejuaraan selancar tingkat internasional digelar di sana.

Pantai ini dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai Pantai Yoyo dikarenakan pecahan ombak ini menggulung hingga ketinggian di atas dua meter dan mirip seperti yoyo. Ombak tersebut terus bergulung-gulung hingga seolah-olah menyedot para peselancar yang mencoba menaklukkannya.

Di sini terdapat penginapan dan banyak turis asing yang menempatinya. Umumnya yang menginap di sini adalah para peselancar dunia. Mereka khusus datang ke pantai ini hanya untuk menaklukkan ganasnya ombak di Pantai Rantung.

Pantai Tropical

Pantai Tropical SekongkangKeunggulan Pantai Tropical karena memiliki pasir pantai yang mempunyai pasir berbentuk merica dan berwarna putih. Bentuk pantainya pun melengkung seperti danau. Apalagi warna biru pantainya benar-benar eksotis. Pantai ini bisa dibilang pantai yang masih perawan. Hanya sayang di dekat resort Tropical banyak terdapat sampah. Sementara sepanjang kawasan Pantai Tropical lain tampak bersih, baik area pasir pantai ataupun pada air pantai.

Pemandangan Pantai Tropical memang indah. Kita bisa menyaksikan bukit batu. Ketika berjalan-jalan di pasir pantai kita juga bisa menemukan kerang-kerang yang berwarna-warni dengan variasi bentuk yang beraneka ragam. Sesekali kita juga bisa menjumpai hewan-hewan kecil di sekitar pantai seperti kepiting dan keong.

Pantai Lawar

Pantai Lawar SekongkangPantai Lawar merupakan pantai di pesisir barat Pulau Sumbawa. Jaraknya sekitar 3-5 km dari Pantai Rantung. Pantai Lawar sangat eksotis, dengan bukit-bukit yang menjulang tinggi di ujung kanan pantai. Seperti pantai-pantai lainnya di pesisir barat Sumbawa, Pantai Lawar juga berpasir putih. Uniknya, pasir di pantai ini benar-benar putih bersih dan lembut seperti susu bubuk.

Di sebelah kiri pantai banyak terdapat batu-batu besar yang sangat indah kalau Anda foto. Butiran pasirnya terasa sangat lembut di kaki. Untuk merasakan kelembutan pasir pantai ini sebaiknya Anda berjalan tanpa alas kaki.

Teluk Benete

Teluk Benete ini dekat dengan pelabuhan PT NNT. Yang menarik dari teluk ini adalah diapitnya pantai ini oleh dua bukit. Di sini merupakan salah satu spot yang bagus untuk memotret, karena banyaknya kegiatan di sini dan adanya pelabuhan. Kita bisa memotret aktivitas dan kapal-kapal yang ada di sini. Di saat sunset kita bisa membuat siluet-siluet kapal.

Buat yang ingin mencari suasana selain Bali dan Lombok, silahkan untuk mengeksplor Sumbawa Barat. Buat pencinta pantai sangat direkomendasikan untuk mengunjungi semua pantai-pantai indah di Kabupaten Sumbawa Barat ini. ***

Don`t copy text!