Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Borong Aneka Produk UMKM NTB di Bazaar Mandalika Lombok

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Presiden-Jokowi-dan-Ibu-Negara-Iriana-Borong-Aneka-Produk-UMKM-NTB-di-Bazaar-Mandalika-Lombok

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Borong Aneka Produk UMKM NTB di Bazaar Mandalika Lombok

Lombok Tengah, KOBARKSB.com – Pada kunjungan kerja yang dijadwalkan selama 2 hari di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menyempatkan diri untuk mengunjungi Bazaar Mandalika, di KEK Mandalika, Lombok Tengah.

Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi membeli sebuah sepatu berwarna merah dengan kombinasi kain tenun sundawa, produksi UMKM Sentosa Sasak Tenun dari Desa Pringgasela. Sedangkan Iriana membeli 2 buah tas berbahan rumput ketak, produksi UMKM Mawar Ketak Lombok.

Presiden Jokowi Mencoba Sepatu yang Dibeli di Bazaar Mandalika

“Saya membeli sepatu berwarna merah dengan kombinasi kain tenun sundawa, Ibu Negara berbelanja 2 tas berbahan rumput ketak. Semuanya hasil produksi UMKM yang gerainya saya temui di Bazaar Mandalika, siang tadi,” tutur Jokowi, Kamis, (13/1).

Bazaar Mandalika, terang Presiden, merupakan sebuah kawasan UMKM yang menjadi sarana berkumpulnya pelaku usaha mikro dan kecil sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, sekaligus menjadi destinasi wisata baru bagi para wisatawan.

Presiden Jokowi Didampingi Gubernur NTB Meninjau Kesiapan Bandara Internasional Lombok

“Saat ini, sebanyak 287 UMKM telah mengisi gerai di Bazaar Mandalika yang terdiri atas usaha kuliner, kecil, dan mikro. Kita ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor, tetapi juga memberikan efek ekonomi, memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat. Oleh sebab itu, beberapa desa di sekitar Sirkuit Mandalika telah dibangun homestay yang dibantu dari pemerintah pusat, disiapkan oleh pemerintah daerah,” jelas Jokowi.

Presiden Jokowi Didampingi Gubernur NTB Meninjau Homestay di Desa Sengkol, Lombok Tengah.

Kunjungannya ke NTB kali ini, kata Jokowi, untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan MotoGP pada bulan Maret yang akan datang di Sirkuit Mandalika. Mulai dari mengecek langsung kedatangan di bandara, terutama yang berkaitan dengan protokol kesehatan. Hingga mengecek kesiapan infrastruktur setempat.

“Kita harapkan dari airport menuju ke Mandalika, ke Sirkuit Mandalika itu betul-betul tamu diantarkan pada keindahan, pada estetika yang baik. Oleh sebab itu, ini harus disiapkan. Dan saya minta tadi pada bulan Februari semuanya sudah bisa diselesaikan,” tutup Presiden Joko Widodo. (knda)

About Post Author

Don`t copy text!