fbpx
Lurah Arken Sediakan “Bale Isolasi” Bagi Warga yang Terpapar Covid-19

Lurah Arken Sediakan “Bale Isolasi” Bagi Warga yang Terpapar Covid-19

Taliwang, KOBAR – Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), tentang kegiatan isolasi terpusat secara berjenjang bagi warga NTB yang terkonfirmasi positif Covid-19. Lurah Arab Kenangan (Arken), Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dilaporkan telah mempersiapkan sebuah rumah yang terdiri dari beberapa kamar di kelurahannya, untuk dijadikan pusat isolasi bagi warganya yang terpapar Covid-19.

Bale Isolasi Kelurahan Arken Taliwang 2
“Bale Isolasi” Kelurahan Arab Kenangan, Kecamatan Taliwang

“Alhamdulillah, hari ini kami telah menyiapkan sebuah rumah di kelurahan kami untuk kami jadikan pusat isolasi bagi warga kami yang terpapar Covid-19, yaitu, orang yang tanpa gejala dan gejala ringan,” tutur Erny Fahreza, Lurah Arken, kepada awak media ini, Senin, (26/7).

Bale Isolasi Kelurahan Arken Taliwang 6
Lurah Arken bersama jajaran tengah mempersiapkan “Bale Isolasi”

Pusat isolasi tersebut, jelasnya, diberi nama “Bale Isolasi”. Yang mana di pusat isolasi ini, bebernya, terdiri dari beberapa kamar. Pada setiap kamar telah disediakan tempat tidur dan fasilitas pendukung lainnya, sesuai SOP penanganan pasien Covid-19 untuk orang tanpa gejala dan gejala ringan.

“Tadi telah ditinjau oleh Pak Kapolsek Taliwang dan Pak Danramil. Bale isolasi ini akan terus diawasi dan dipantau oleh Satgas Covid-19 Kelurahan Arken bersama petugas kesehatan dari Puskesmas Taliwang,” jelas Ibu Lurah.

Bale Isolasi Kelurahan Arken Taliwang 4
Kapolsek Taliwang dan Danramil Tinjau “Bale Isolasi” Kelurahan Arken

Untuk warga dengan keadaan tertentu, yang terpaksa harus isolasi mandiri di rumah mereka, terang Erny, maka satgas Kelurahan Arken akan menempel stiker di rumah yang dihuni, menerangkan bahwa penghuni rumah sedang melakukan isolasi mandiri.

“Kendati demikian, kami akan tetap melaksanakan pemantauan ketat terhadap warga yang tengah menjadi isolasi mandiri tersebut. Baik dari sisi teknis medis maupun kepatuhan mereka terhadap standard operating procedure isolasi mandiri,” tukas Erny Fahreza.

Isolasi Mandiri Warga Kelurahan Arken Taliwang Lurah Arken Pasang Stiker Rumah Warga yang Sedang Isolasi Mandiri 1
Lurah Arken Bersama Satgas Covid-19 Memasang Stiker di Rumah Warga yang Menjalani Isolasi Mandiri

Jikalau pusat isolasi di kelurahannya, tambah Erny, tidak bisa lagi menampung warga yang akan diisolasi, maka pihaknya, kata Erny, akan melimpahkannya kepada pusat isolasi Kecamatan, yang ditangani Satgas Covid-19 Kecamatan Taliwang.

“Jika bale isolasi ini full kapasitas, maka selanjutnya akan kami koordinasikan dengan Satgas Covid-19 Kecamatan Taliwang. Namun semoga hal itu tidak terjadi. Kita berharap dan selalu berdoa agar pandemi ini segera berakhir, biar kita bisa kembali hidup normal,” tutup Lurah Arab Kenangan Taliwang. (klar)

Don`t copy text!