fbpx
Gubernur NTB Bolehkan Isolasi Mandiri, Tapi Depan Rumah Warga Harus Ditempel Stiker

Gubernur NTB Bolehkan Isolasi Mandiri, Tapi Depan Rumah Warga Harus Ditempel Stiker

“Isolasi Terpusat Secara Berjenjang Diberlakukan di NTB”

Mataram, KOBAR – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr H Zulkieflimansyah, Senin, (26/7), menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang kegiatan isolasi terpusat secara berjenjang bagi warga NTB yang terkonfirmasi positif Covid-19, baik orang gejala sedang dan berat, maupun orang tanpa gejala dan gejala ringan. SE ini dikeluarkan, sebagai tindak lanjut dari rapat Forkopimda Provinsi NTB dengan seluruh Bupati/Walikota Se-NTB, pada hari Kamis, (22/7).

Dalam SE bernomor 360/600/Satgas/VII/2021, Gubernur NTB selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi NTB, menyampaikan beberapa poin penting tentang tata cara penanganan kasus positif Covid-19 di NTB.

Isolasi Terpusat Secara Berjenjang di NTB 1
Pesan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB

“Untuk mengantisipasi keterbatasan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, maka rumah sakit hanya diperuntukkan bagi kasus terkonfirmasi positif gejala sedang dan berat,” tegas Gubernur Zulkieflimansyah.

Untuk kasus terkonfirmasi positif orang tanpa gejala dan gejala ringan, tegasnya, maka harus dilakukan isolasi terpusat secara berjenjang, dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Isolasi terpusat tingkat Desa/Kelurahan, yang dikelola bersama oleh Satgas Desa/Kelurahan;

b. Isolasi terpusat tingkat Kecamatan, dikelola bersama oleh Satgas Kecamatan yang menerima limpahan kasus dari isolasi terpusat tingkat Desa/Kelurahan;

Isolasi Terpusat Secara Berjenjang di NTB 2
Ketentuan Isolasi Terpusat Secara Berjenjang di NTB

c. Isolasi terpusat tingkat Kabupaten/Kota, dikelola bersama oleh Satgas Kabupaten/Kota yang menerima limpahan kasus dari isolasi terpusat tingkat Kecamatan;

d. Isolasi terpusat tingkat Provinsi, dikelola bersama oleh Satgas Provinsi yang menerima limpahan kasus dari isolasi terpusat tingkat Kabupaten/Kota. 

Isolasi Terpusat Secara Berjenjang di NTB 3
Ketentuan Isolasi Terpusat Secara Berjenjang di NTB

Adapun jika masih ada masyarakat dengan keadaan tertentu harus isolasi mandiri, lanjut Gubernur, maka satgas Desa/Kelurahan menempel stiker di rumahnya, yang menerangkan bahwa penghuni rumah sedang melakukan isolasi mandiri dan melaksanakan pemantauan ketat bagi peserta isolasi mandiri dari sisi teknis medis oleh Puskesmas serta kepatuhan terhadap Standard Operating Procedure isolasi mandiri oleh Satgas Desa/Kelurahan.

“Diminta kepada Bupati/Walikota agar memastikan pelaksanaan kegiatan tersebut   berjalan dengan baik,” demikian Gubernur NTB. (kdon)

Don`t copy text!