fbpx
Sukseskan Program 100 Hari Bupati Sumbawa Barat, Warga Menala Baru Gotong Royong Bangun IPAL Secara Urunan

Sukseskan Program 100 Hari Bupati Sumbawa Barat, Warga Menala Baru Gotong Royong Bangun IPAL Secara Urunan

Taliwang, KOBAR – Demi untuk mensukseskan program kerja 100 hari Bupati Sumbawa Barat, H W Musyafirin. Warga RT 03 RW 04, Lingkungan Menala Baru, Kelurahan Menala, Kecamatan Taliwang, urunan untuk membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di rumah warga setempat.

Gotong Royong Warga Menala Baru Bangun IPAL 6
Gotong Royong Bangun IPAL

“Berkat kekompakan ASN dan PTT yang ada di lingkungan kami. Alhamdulillah, berhasil terkumpul sejumlah uang untuk membeli beton buat membangun IPAL di rumah warga,” tutur Agus Irawan, Seorang PTT, Warga Lingkungan Menala Baru, kepada awak media ini, Senin, (3/5). 

Gotong Royong Warga Menala Baru Bangun IPAL 1
Musyawarah Warga Lingkungan Menala Baru

Masing-masing orang, jelasnya, menyumbang secara sukarela dan tidak dipatok jumlahnya. Uang yang terkumpul, lanjut Agus, kemudian digunakan untuk membeli beton dan semen untuk membangun IPAL di rumah warga.

“Dari uang yang terkumpul, berhasil kami beli 40 buah beton. Ada yang berukuran 70 x 50 cm, ada juga yang berukuran 50 x 50 cm. Selanjutnya, beton-beton tersebut dibagi ke rumah-rumah warga,” terangnya.

Gotong Royong Warga Menala Baru Bangun IPAL 5
Agus Irawan

Sementara untuk penggalian lubang dan pembuatan IPAL di masing-masing rumah, terang Agus, dilakukan secara gotong royong dan sukarela oleh semua warga yang ada di RT 03 RW 04.

“Penggalian lubang dan pembuatan IPAL, kami gotong royong. Tidak ada paksaan sama sekali dalam kegiatan ini. Toh ini untuk kebaikan kita semua,” beber Agus.

Gotong Royong Warga Menala Baru Bangun IPAL 10
Gotong Royong Bangun IPAL

Sementara itu, Darmayadi, Lurah Menala, selaku penguasa wilayah di Kelurahan Menala, menyatakan salut dan respek terhadap animo dan kekompakan warga untuk membenahi sanitasi di lingkungan mereka. Hal ini, katanya, patut jadi contoh untuk warga di lingkungan lain.

“Saya salut atas kekompakan warga Lingkungan Menala Baru. Terutama kepada para ASN dan PTT yang ada di lingkungan tersebut. Sumbangsih mereka sangat kami hargai,” kata Lurah Menala, singkat. (klar)

Don`t copy text!