fbpx
Indonesia Telah Miliki 122,7 Juta Dosis Vaksin Covid-19, Vaksin Moderna Diperuntukkan Buat Booster Tenaga Kesehatan

Indonesia Telah Miliki 122,7 Juta Dosis Vaksin Covid-19, Vaksin Moderna Diperuntukkan Buat Booster Tenaga Kesehatan

Jakarta, KOBAR – Sebanyak 3 juta dosis vaksin Covid-19 siap pakai, dilaporkan telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dengan pesawat Qatar Airways, Minggu, (11/7). Vaksin yang datang kali ini adalah Vaksin Moderna, bantuan dari Pemerintah Amerika Serikat.

Vaksin Moderna yang dikirim COVAX Facility ini, menurut rencana, selain akan digunakan untuk suntikan pertama dan kedua bagi rakyat Indonesia. Secara khusus, vaksin tersebut akan digunakan untuk booster atau suntikan dosis ketiga bagi para tenaga kesehatan di Indonesia.

Vaksin Moderna Amerika Serikat
Vaksin Moderna – Amerika Serikat

“Sampai hari ini, Indonesia telah mengamankan lebih dari 122,7 juta dosis vaksin, baik berupa bahan baku vaksin maupun vaksin siap pakai, dari Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, dan Moderna,” kata Presiden Joko Widodo, dalam siaran pers, Minggu, (11/7).

Pemerintah, lanjut Presiden, mengerahkan segala upaya untuk mendatangkan vaksin. Para Tenaga kesehatan, lanjutnya, tetap berada di garda terdepan menangani pasien Covid-19. Dan mereka pada gelombang kedua pandemi ini, kata Jokowi, mengalami tekanan yang luar biasa. Sehingga Pemerintah, ujarnya, ingin memastikan para tenaga kesehatan terlindungi secara maksimal.

Presiden Jokowi Tinjau Fasilitas Kesehatan Untuk Penanganan Penderita Covid 19 Rumah Sakit Asrama Haji Pondok Gede Jakarta
Presiden Jokowi Tinjau Rumah Sakit Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, yang Dioperasikan Untuk Menangani Pasien Covid-19

“Bagaimana dengan Anda? Setiap kita punya peran dalam menghentikan laju pandemi ini. Kenakan masker, jaga jarak, dan jauhi kerumunan. Jika sudah ada kesempatan mendapatkan vaksin, segera ambil,” tukas Presiden Jokowi.

Mulai bulan Juni 2021, Pemerintah, terang Jokowi, telah menargetkan vaksinasi satu juta suntikan per hari. Ia berharap, agar pada bulan Agustus mendatang, bisa dua kali lebih banyak dari yang sudah berjalan.

“Jika sudah ada kesempatan mendapatkan vaksin, segera ambil. Jangan ada yang menolak. Agama apapun tidak ada yang melarang vaksin. Ini demi keselamatan kita. Vaksin merupakan upaya terbaik yang tersedia saat ini. Kita harus mencapai kekebalan komunitas untuk mengatasi pandemi,” tegas Jokowi.

Terima Kasih Tenaga Kesehatan Presiden Jokowi
“Terima Kasih Tenaga Kesehatan” – Presiden Joko Widodo –

Sebelum itu tercapai, tambah Presiden, maka semua orang harus tetap berdisiplin dan menjaga diri, terutama memakai masker. Ia pun menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh jajaran TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah, yang telah melaksanakan vaksinasi massal bagi masyarakat umum secara serentak di seluruh Indonesia.

“Saya minta satu hal yang sederhana ini, tinggallah di rumah jika tidak ada kebutuhan yang mendesak. Hanya dengan langkah bersama kita bisa menghentikan wabah ini. Semua orang harus berperan serta. Semua orang harus ikut berkontribusi. Tanpa kesatuan itu, kita tak akan mampu menghentikan penyebaran Covid-19. Semoga Tuhan Yang Maha Esa melindungi kita semua,” demikian Presiden Joko Widodo. (knda)

Don`t copy text!