fbpx
Pemerintah Bagikan Sembako Serta 300 Ribu Paket Obat dan Vitamin Gratis Bagi Masyarakat yang Menjalani Isolasi Mandiri

Pemerintah Bagikan Sembako Serta 300 Ribu Paket Obat dan Vitamin Gratis Bagi Masyarakat yang Menjalani Isolasi Mandiri

Jakarta, KOBAR – Pemerintah Pusat dilaporkan akan segera membagikan 300.000 paket vitamin dan obat secara gratis, serta paket sembako untuk masyarakat yang positif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di wilayah-wilayah yang berisiko.

“Pada tahap awal, pemerintah membagikan 300.000 paket bagi masyarakat terdampak di Pulau Jawa dan Bali, disusul 300.000 paket serupa bagi di luar Pulau Jawa dan Bali. Distribusinya dikoordinasikan oleh Panglima TNI, yang nanti bekerja sama dengan pemda sampai ke pengurus RT/RW,” kata Presiden Joko Widodo, dalam siaran pers, Jum’at, (16/7).

Presiden Jokowi Bagikan Vitamin dan Obat Covid 19 1
Presiden Joko Widodo

Ada 3 jenis paket obat isolasi mandiri, jelas Presiden, yang akan dibagikan, yang masing-masing untuk 7 hari. Paket 1 berisi vitamin untuk warga dengan hasil swab PCR positif tanpa gejala (OTG). Paket 2 berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif dengan keluhan panas demam dan kehilangan penciuman. Adapun paket 3 berisi vitamin dan obat untuk warga PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering.

Paket-paket obat dan vitamin tersebut, terang Presiden Jokowi, diproduksi oleh BUMN farmasi dan didistribusikan di bawah koordinasi Panglima TNI, yang nanti bekerja sama dengan pemerintah daerah sampai ke pengurus RT/RW.

Presiden Jokowi Bagikan Vitamin dan Obat Covid 19 2
Presiden Joko Widodo

“Paket 2 dan 3 membutuhkan konsultasi dan resep dokter, terutama dari dokter puskesmas. Saya berharap agar pelaksanaan program ini diawasi secara ketat di lapangan dan tidak mengganggu ketersediaan obat esensial terapi Covid-19 di apotek dan di rumah sakit,” tegas Presiden Jokowi.

Pemerintah juga, tambah Presiden, telah menyiapkan 200.000 ton beras untuk bantuan paket sembako, disamping pembagian obat dan vitamin gratis yang akan dilakukan dua tahap. 

Presiden Jokowi Blusukan Bagikan Vitamin dan Obat Covid 19 Serta Sembako 1
Presiden Jokowi Blusukan Ke Rumah Warga Jakarta Untuk Membagikan Sembako Serta Paket Vitamin dan Obat Covid-19

“Semalam, sekitar pukul sembilan, saya mendatangi rumah warga di Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sambil melihat langsung jalannya PPKM Mikro di lapangan. Saya mengawali pemberian sembako kepada masyarakat, serta paket obat dan vitamin untuk warga yang menjalani isolasi mandiri. Dengan pembagian sembako dan paket obat dan vitamin yang dilakukan menyeluruh, saya berharap masyarakat bisa lebih tenang dalam menjalani PPKM Mikro menghadapi pandemi ini,” demikian Presiden Joko Widodo. (knda)

Don`t copy text!