fbpx
Mitigasi Bencana Banjir, Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Turun Ke Sungai Brang Bara

Mitigasi Bencana Banjir, Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Turun Ke Sungai Brang Bara

Sumbawa, KOBAR – Bencana Banjir yang hampir selalu mengancam Kota Sumbawa Besar setiap musim hujan, membuat Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah, dan Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, melakukan mitigasi dini terhadap Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kota Sumbawa Besar.

“Pagi ini saya bersama bapak Bupati Mahmud Abdullah dan teman-teman ASN bergotong royong membersihkan DAS, juga sekaligus mengamati langsung dimana wilayah yang berpotensi dapat menyumbat sirkulasi, bila air sedang meluap,” kata Dewi Noviany, Jum’at, (28/5).

Wakil Bupati Sumbawa Cek Aliran Sungai Brang Bara
Wakil Bupati Sumbawa Cek Aliran Sungai Brang Bara

Bencana memang tidak bisa dihindari, kata Novi. Tapi dengan mitigasi dini, kita dapat meminimalisir dampak bencana, sehingga masyarakat dapat hidup dan bekerja dengan aman. Dan DAS, jelasnya, merupakan wilayah vital, yang bila tidak diperhatikan serius, dapat jadi salah satu penyebab bencana banjir.

“Saat menyusuri pinggiran sungai Brang Bara sampai kelurahan Bugis, saya juga sempatkan berdialog dengan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai untuk melihat langsung kondisi, serta mendengar keluh kesah mereka. Segala aspirasi mereka pagi ini menjadi catatan sendiri bagi saya,” tutur Novi.

Wakil Bupati Sumbawa Cek Permukiman Penduduk Bantaran Sungai
Wakil Bupati Sumbawa Cek Permukiman Penduduk Bantaran Sungai

Dengan gerakan Jum’at sehat, ia berharap agar seluruh kepala wilayah, baik Camat maupun Kepala Desa, untuk lebih memperhatikan wilayahnya masing-masing, agar icon Sumbawa yang BESAR (Bersih Elok Sehat Aman Rapi), tetap dengan bangga bisa disandang.

“Kita semua tentu ingin daerah kita ini bersih, elok, sehat, aman, dan rapi. Selain itu, kita juga ingin terlihat indah dan asri. Insya Allah, seluruh area vital akan kita percantik secara perlahan,” demikian Wakil Bupati Sumbawa. (klar)

Don`t copy text!