fbpx NTB Borong Event Balap Motor Top Dunia, Untung Atau Rugi?

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

NTB Borong Event Balap Motor Top Dunia, Untung Atau Rugi - Gubernur NTB Bersama Bos Infront Moto Racing

NTB Borong Event Balap Motor Top Dunia, Untung Atau Rugi?

Adalah suatu kebanggaan tersendiri menjadi warga Nusa Tenggara Barat (NTB). Bagaimana tidak! Hampir semua event balap motor yang paling populer di dunia diselenggarakan di 2 pulau besar yang ada di provinsi ini, yakni, Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Podium Utama MXGP Samota 2022

Hal itu dipastikan oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, kemarin, bahwa mulai tahun depan, minimal ada 4 event balap motor dunia di NTB. Yaitu; World Superbike (WSBK), MotoGP, dan 2 series MXGP.

Itu semua bisa terwujud, karena di NTB telah tersedia 2 sirkuit balap kelas dunia. Yang pertama, Pertamina Mandalika International Street Circuit, yang terletak di Mandalika Lombok. Dan yang kedua, Rocket Motor Circuit, yang terletak di Samota Sumbawa.

MXGP Samota 2022 – Tarian Sumbawa

Event dunia itu pun, bukan hanya sekali setahun digelar, tetapi rata-rata 2 kali setahun dilaksanakan di NTB. Ini juga berarti, bahwa sepanjang tahun jutaan mata penduduk dunia akan tertuju ke NTB.

MXGP Samota 2022 – Rocket Motor Circuit, Samota, Sumbawa

Lantas apa untungnya? Iya, tentu saja banyak. Dari segi komersial saja, setidaknya penduduk dunia mengenal nama Mandalika, Lombok, Samota, Sumbawa, dan NTB. Ternyata, selain Bali, di Indonesia ada tempat lain yang layak dan pantas dikunjungi untuk wisata dan pelesiran.

MotoGP Mandalika 2022 – Rara Pawang Hujan

Kalau dari segi ekonomi, pasti event dunia ini akan berpengaruh bagi jumlah wisatawan yang berkunjung ke NTB. Yang secara tidak langsung akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi daerah setempat.

MotoGP Mandalika 2022 – Pertamina Mandalika International Street Circuit, Mandalika, Lombok

Kalau ruginya, tergantung! Apakah peluang ini dimanfaatkan oleh semua kepala daerah di NTB apa tidak. Jika hanya jadi penonton saja, dan tidak mau bersinergi dan berkolaborasi antar daerah, niscaya akan merugi.  

Jadi wajar jika penduduk NTB mesti bersyukur, karena telah diberi kesempatan untuk menjadi tuan rumah event balap motor top dunia. Tinggal sekarang bagaimana kesempatan itu dimanfaatkan dan dikelola dengan sebaik-baiknya, serta digarap seoptimal mungkin, demi untuk kesejahteraan rakyat secara adil dan merata. Semoga… NTB Gemilang! ** – KOBARKSB.com

About Post Author

Don`t copy text!