fbpx
Warga Kelurahan Menala Kompak Kebut Tuntas STBM Pilar 4 dan 5

Warga Kelurahan Menala Kompak Kebut Tuntas STBM Pilar 4 dan 5

Taliwang, KOBAR – Untuk menuntaskan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Pilar 4 dan 5, di Kelurahan Menala, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Lurah Menala bersama tim dan masyarakat setempat, berjibaku gotong royong tanpa kenal waktu. Bahkan pada hari libur pun, Lurah bersama tim tetap terus bekerja.

Tuntas STBM Kelurahan Menala 7
Lurah Menala bersama Koordinator Tuntas STBM Lingkungan Bosok

“Alhamdulillah, kesadaran masyarakat di Kelurahan Menala tentang pentingnya hidup sehat dan tuntas STBM mulai dari pilar 1 hingga 5 telah tumbuh. Ini yang patut kami syukuri. Terutama untuk menuntaskan pilar 4, yakni, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pilar 5, yaitu, pengelolaan limbah cair rumah tangga, kami tidak mendapatkan kendala yang berarti,” tutur Darmayadi, Lurah Menala, kepada awak media ini, Rabu, (26/5).

Tuntas STBM Kelurahan Menala 1
Gotong Royong Bangun IPAL

Masyarakat, jelasnya, bersama tim STBM dari ASN dan PTT di masing-masing lingkungan bekerja sama dan kompak dalam membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di rumah warga Menala yang belum tersedia. Bahkan pada tanggal merah atau hari libur pun, mereka masih tetap bekerja.

Tuntas STBM Kelurahan Menala 4
Monitoring Tim Tuntas STBM Lingkungan Bosok di Rumah Warga

“Kami bangga dengan teman-teman ASN dan PTT, termasuk agen PDPGR, dan tentunya warga Kelurahan Menala seluruhnya. Yang telah bersedia mendukung program Pemerintah ini. Kami yakin, STBM di Kelurahan Menala akan bisa tuntas dengan segera,” tandas Lurah Menala.

Tuntas STBM Kelurahan Menala 5
Gotong Royong Bangun IPAL

Sebelumnya, Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin, dalam konferensi pers, Jum’at, (21/5), menyampaikan, bahwa hasil rekapitulasi aksi lapangan penuntasan pilar 4 dan pilar 5 STBM se-KSB, capaian rata-rata pilar 4, sudah 67,64 persen, dan pilar 5 telah mencapai 66,34 persen.

“Saya terharu, saya bangga pada para ASN dan PTT. Dengan semangat luar biasa, telah memberikan bantuan tenaga dan materil, demi memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. Meski IPAL itu belum terpasang semua di rumah warga, namun upaya memberikan kesadaran masyarakat itu yang paling penting,” demikian Bupati Sumbawa Barat. (kdon)

Don`t copy text!