fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Sampah Berserakan di Kawasan KTC, Kesadaran ASN KSB Tentang STBM Disoal - Halaman Gedung Graha Fitrah KTC

Sampah Berserakan di Kawasan KTC, Kesadaran ASN KSB Tentang STBM Disoal

Taliwang, KOBAR – Ada pemandangan tak elok terjadi di kawasan perkantoran Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) hari ini, yaitu, Kemutar Telu Center (KTC). Yang mana, euforia perayaan Hari Lahir (Harla) KSB Ke-18 tercoreng oleh sampah yang berserakan di kawasan tersebut, setelah kegiatan perlombaan antar Aparatur Sipil Negara (ASN) KSB selesai dilaksanakan.

Padahal telah diketahui bersama, bahwa KSB baru saja memecahkan Rekor MURI sebagai daerah pertama di Indonesia yang telah tuntas Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) untuk 5 pilar. Yang mana, point pokok dari program STBM tersebut adalah soal kebersihan lingkungan dan persampahan.

“Tadi siang kami sempat melintas di kawasan KTC. Tapi sungguh miris, sampah berserakan di mana-mana. Sepengetahuan kami, sebelumnya ada kegiatan lomba antar ASN di area tersebut,” tutur Anisa, Warga Taliwang, kepada awak media ini, Jum’at, (12/11).

Pegawai UPTD TPA Sampah DLH KSB Membersihkan Sampah yang Berserakan di Halaman Gedung Graha Fitrah

Semestinya, kata Anisa, para ASN harus menjadi teladan bagi masyarakat untuk urusan kebersihan lingkungan. Apalagi peristiwa itu terjadi di area perkantoran pemerintah, dalam rangka perayaan Harla KSB pula.

“Bagaimana di rumah mereka? Di kantor saja begitu! Kami sebagai masyarakat tentu bertanya-tanya tentang pemahaman mereka tentang STBM yang sering digaungkan Bupati,” tandasnya.

Sementara itu, Saiful Muslimin, Kepala UPTD TPA Sampah DLH, yang terjun ke lapangan bersama jajarannya, menyampaikan rasa prihatin dan mengajak segenap ASN KSB untuk peduli dan sadar tentang kebersihan lingkungan.

Pegawai UPTD TPA Sampah DLH KSB Membersihkan Sampah yang Berserakan di Halaman Gedung Graha Fitrah

“Rekan-rekan ASN, sebentar lagi KSB tercinta ini akan menginjak usia ke-18. Salah satu kado terindah ulang tahun kali ini adalah dengan diraihnya Rekor MURI sebagai daerah pertama yang berhasil menuntaskan 5 pilar STBM. Tentu kita semua patut merasa bangga dan berterima kasih kepada pemimpin kita. Tugas kita berikutnya adalah menjaga, mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diukir,” kata Saiful.

Salah satu bentuk semangat dalam merayakan Harlah KSB tersebut, lanjutnya, adalah dengan dilaksanakannya kegiatan perlombaan olahraga. Dimana pesertanya adalah ASN KSB. Namun sayang, tambahnya, setelah kegiatan selesai, pihaknya selalu dihadapkan dengan pemandangan sampah yang merusak keindahan.

“Mungkin saat ini kalian sedang duduk manis bersenda gurau dengan rekan kerja, menikmati secangkir kopi dan sebatang rokok ditemani hujan rintik-rintik. Tapi tidak dengan rekan kami dari UPTD TPA Sampah DLH. Mereka sedang berjibaku membersihkan sampah yang kalian tinggalkan, meski diguyur hujan. Semoga kedepan kita semakin bijak memperlakukan sampah,” demikian Kepala UPTD TPA Sampah DLH. (kdon)

Don`t copy text!