fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Telan Dana Desa Rp 890 Juta, Gedung Serba Guna Desa Mujahiddin Diresmikan - Wakil Bupati Sumbawa Barat - Fud Syaifuddin

Telan Dana Desa Rp 890 Juta, Gedung Serba Guna Desa Mujahiddin Diresmikan

Fud Syaifuddin: Ini Sebuah Prestasi Pemerintah Desa

Brang Ene, KOBAR – Berdiri di atas tanah seluas 5 are, sebuah gedung serba guna yang telah menelan anggaran Rp 890 juta dari Dana Desa (DD) Desa Mujahiddin, Kecamatan Brang Ene, diresmikan Wakil Bupati Sumbawa Barat Terpilih, Fud Syaifuddin ST, Rabu, (24/2).

“Ini sebuah prestasi bagi Pemerintah Desa. Pembangunan gedung serba guna di tingkat Desa merupakan bentuk keberhasilan Pemerintah Desa. Karena tidak semua desa bisa membangun gedung serba guna dengan menggunakan anggaran desa yang mereka miliki,” kata Fud Syaifuddin ST, saat meresmikan “Graha Juang”, Gedung Serba Guna Desa Mujahiddin.

Fud Syaifuddin, ST.

Undang-undang Desa, jelas Fud, telah menempatkan desa sebagai ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Desa diberikan kewenangan dan sumber dana yang memadai agar dapat mengelola potensi yang dimilikinya, guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

“Setiap tahun Pemerintah telah menganggarkan Dana Desa yang cukup besar untuk diberikan kepada Desa. Kunci sukses untuk mensejahterakan masyarakat dalam membangun desa adalah kuatnya sentuhan inisiasi, inovasi, kreasi dan kerjasama antara aparat desa dengan masyarakat dalam mewujudkan apa yang menjadi cita-cita bersama. Pembangunan desa tidak mungkin bisa dilakukan aparat desa sendiri, tapi butuh dukungan, prakarsa, dan peran aktif dari masyarakat,” tutur Fud.

Peresmian “Graha Juang”

Hal yang penting yang dapat diterapkan dalam pengelolaan Dana Desa, lanjutnya, yaitu, dengan melibatkan masyarakat. Pemerintah Desa perlu melakukan kegiatan dengan pola swakelola, menggunakan tenaga kerja setempat, dan memanfaatkan bahan baku lokal yang ada di desa.

“Dengan pola swakelola, berarti diupayakan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan secara mandiri oleh Desa. Sehingga uang yang digunakan untuk pembangunan di desa bersangkutan, tidak akan mengalir keluar desa tersebut. Bismillah, semoga gedung serba guna ini bisa dimanfaatkan dengan baik, dan bisa membantu kegiatan masyarakat sekitar,” pungkas Wakil Bupati KSB Terpilih.

Sementara itu, H  Syahrul, Kepala Desa Mujahiddin, pada kesempatan ini menjelaskan, bahwa gedung serba guna Desa Mujahiddin, peletakan batu pertamanya dilakukan pada tahun 2017. Yaitu, pada masa pemerintahan Syam Agus sebagai Kepala Desa.

Acara Peresmian “Graha Juang”

Ia menyampaikan terima kasihnya atas kerja keras Pemerintah Desa Mujahiddin sebelumnya, yang telah menggagas pembangunan Gedung Serba Guna “Graha Juang”. Dan ia juga merasa bangga dengan semangat gotong royong masyarakat yang masih melekat kuat, sehingga membuat gedung serba guna ini dapat terwujud dan diresmikan hari ini.

“Terima kasih kepada Pak Syam Agus dan tim pelaksana kegiatan yang sudah menyelesaikan Gedung Serba Guna Graha Juang ini. Berkat kerja keras bapak dan ibu semua, gedung serba guna ini dapat diresmikan hari ini,” tutup Kades Mujahiddin. (kdon)

Don`t copy text!