fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Pekerja Migran Dapat Fasilitas VVIP di Bandara Soetta

Jakarta, KOBAR – Sebagai salah satu penyumbang devisa bagi Indonesia, para pekerja migran sudah selayaknya mendapatkan perlakuan istimewa dari negara. Kini, di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, terdapat fasilitas VVIP, khusus bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Hari ini, di peringatan Hari Pekerja Migran Internasional, Presiden Joko Widodo secara resmi memberikan kado terbaik dan teristimewa kepada para PMI berupa berbagai fasilitas VVIP,” kata Benny Rhamdani, Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Jumat, (18/12). Tepat di peringatan Hari Pekerja Migran Internasional.

Penyediaan fasilitas VVIP bagi PMI, jelasnya, tidak terlepas dari sinergitas pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Fasilitas tersebut merupakan buah kerjasama BP2MI dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Imigrasi, dan PT Angkasa Pura II. Ia pun berharap agar sinergitas dapat selalu terjalin dengan baik hingga ke depannya.  

“Semua fasilitas ini bisa terwujud berkat kerjasama yang baik antara pemerintah dan BUMN. Pun, kerjasama politik anggaran dengan DPR. Semoga kita bisa terus secara bersama mewujudkan keselamatan, pemberdayaan, dan kesejahteraan PMI dan keluarganya,” tuturnya. 

Terdapat 4 fasilitas yang diresmikan di Bandara Soetta, urainya, dan akan segera menyusul di bandara-bandara lainnya yang menjadi kantong PMI. Pertama, jalur cepat (fast track) keimigrasian, yang memberikan kelancaran pelayanan kepulangan dan keberangkatan bagi PMI. Kedua, lounge PMI, yang memberikan fasilitas ruang tunggu yang nyaman bagi PMI yang akan berangkat atau datang dari luar negeri. 

Ketiga, helpdesk atau pos pelayanan dan pengaduan bagi PMI, yang memberikan fasilitas informasi, advokasi, pendataan, dan pemulangan bagi PMI-Bermasalah. Dan keempat, Gerai PMI untuk pemasaran produk usaha Purna PMI. 

“Semua fasilitas VVIP ini diberikan untuk memberikan rasa hormat negara kepada pejuang keluarga yang telah rela berkorban demi kesejahteraannya dan keluarga,” ucap Benny. 

Benny menambahkan, jalur cepat keimigrasian dan lounge, umumnya selama ini, diperuntukkan khusus bagi penumpang kelas atas, official diplomatic, dan kru pesawat. 

“Hebatnya, Presiden Joko Widodo menyediakan jalur khusus bagi PMI. Dan ini menjadi yang pertama di Indonesia, bahkan mungkin dunia. Peresmian fasilitas VVIP ini menjadi kado istimewa bagi PMI, sebagai bentuk apresiasi kami kepada para PMI, sang pahlawan devisa,” tutup Benny Rhamdani. (knda)

Don`t copy text!