fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Setelah Disuntik Vaksin Covid-19, Presiden Joko Widodo Langsung Kerja

Jokowi: Walaupun Sudah Divaksin, Tetap Disiplin Protokol Kesehatan

Jakarta, KOBAR – Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama di Indonesia yang disuntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac untuk dosis pertama, pada hari Rabu, (13/1), di Istana Merdeka, Jakarta.

Vaksin CoronaVac produksi Sinovac, yang disuntikkan kepada Presiden dan penerima awal lainnya, sebelumnya telah melalui uji klinis yang ketat dan independen. Dan vaksin ini telah memperoleh izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta mendapatkan fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Seusai menerima suntikan vaksin Covid-19, pukul 09.42 pagi tadi, saya masih menjalani proses observasi, kemungkinan kejadian ikutan pasca imunisasi selama sekitar 30 menit. Alhamdulillah, tak ada kejadian ikutan. Hanya ada sedikit rasa pegal,” tutur Presiden Jokowi, sesaat setelah divaksinasi, Rabu, (13/1).

Selanjutnya, setelah divaksin, Presiden mendapatkan kartu vaksinasi Covid-19 atas nama dirinya, yang tercantum jadwal pemberian suntikan vaksin berikutnya. Yaitu, 14 hari dari hari pertama disuntik vaksin. Kartu ini juga, akan diberikan kepada semua orang yang divaksinasi, sekaligus sebagai pengingat, agar tepat waktu menjalani vaksin kedua.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Prof. dr. Abdul Muthalib, Sp.PD-KHOM, yang tadi menyuntikkan vaksin kepada saya. Juga kepada para vaksinator dan tenaga medis lain, yang turut membantu pelaksanaan vaksinasi perdana hari ini,” kata Jokowi.

Presiden sangat menaruh harapan besar terhadap program vaksinasi yang diberikan secara gratis kepada masyarakat. Yang mana, diharapkan sebanyak 70 persen dari seluruh penduduk Indonesia memperoleh vaksin, agar tercipta kekebalan komunal. Kekebalan komunal tersebut, nantinya akan mencegah infeksi virus corona. Yang pada akhirnya dapat menjadikan pandemi Covid-19 di Indonesia terkendali.

“Tentunya saya berharap, nanti seluruh masyarakat, seluruh rakyat, bersedia divaksin. Karena ini adalah upaya kita untuk bebas dari pandemi. Mengenai waktunya kapan, semuanya harus bersabar. Karena akan diatur dan dilakukan secara bertahap. Tapi yang pasti, vaksin ini gratis,” ucap Presiden.

Pada kesempatan ini, Presiden kembali mengingatkan, agar semua orang yang telah menerima vaksin Covid-19, untuk tetap berdisiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Yakni, mengenakan masker, rutin mencuci tangan, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan.

“Ingat, walaupun sudah divaksin, nantinya kita tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Yang paling penting itu,” demikian Presiden Joko Widodo. (knda)

Don`t copy text!