10 Penyakit Keturunan yang Harus Diwaspadai

Menu

Mode Gelap

SENI HIDUP · 11 Des 2020

10 Penyakit Keturunan yang Harus Diwaspadai


10 Penyakit Keturunan yang Harus Diwaspadai Perbesar

KESEHATAN KELUARGA


Oleh: dr. Muhammad Iqbal Ramadhan


Penyakit tidak melulu terjadi akibat faktor dari luar. Kondisi tersebut juga bisa disebabkan oleh faktor dari dalam, alias kondisi genetik yang berasal dari kedua orang tua. Selain sifat fisik, seperti warna kulit, bentuk tubuh, jenis rambut, dan lain-lain, orang tua juga dapat menurunkan penyakit kepada anaknya. 

Risiko seorang anak mengalami penyakit keturunan pun dapat lebih tinggi apabila memiliki kombinasi faktor risiko, baik lingkungan maupun mutasi gen. Agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa contoh penyakit yang bisa diturunkan dari orang tua kepada anaknya:

1. Penyakit Jantung

Anda pasti sudah tahu bahwa tidak merokok, menjaga berat badan, olahraga secara teratur, dan pola makan sehat adalah cara terbaik untuk menjaga fungsi jantung yang optimal.

Sebuah studi tahun 2016 terhadap lebih dari 55 ribu peserta yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine menemukan, kebiasaan-kebiasaan tersebut wajib diterapkan oleh orang-orang yang lahir dari garis keturunan penderita penyakit jantung. 

2. Polip Usus Besar

Polip sangat mungkin berkembang di usus besar selama masa remaja, dan dapat berubah menjadi ganas saat mendekati usia 40 tahun. 

Menurut American Cancer Society, sebanyak 1 dari 5 orang yang terkena penyakit tersebut disebabkan oleh faktor genetik.

3. Thalassemia

Thalassemia adalah penyakit keturunan yang membuat kemampuan tubuh untuk memproduksi hemoglobin darah menjadi sangat terbatas. Kondisi ini dapat berujung pada terhambatnya aliran oksigen ke seluruh tubuh. 

Terdapat 25 persen kemungkinan bahwa anak-anak yang mewarisi gen thalassemia dari kedua orangtuanya akan terlahir dengan kondisi yang sama. 

Orang-orang yang kemungkinan besar menjadi pembawa gen penyebab menyebabkan Thalassemia adalah keturunan Asia Tenggara, India, Cina, Timur Tengah, Mediterania, dan Afrika Utara.

4. Cystic Fibrosis

Cystic Fibrosis adalah penyakit keturunan kronis yang menyebabkan munculnya lendir kental dan lengket di tubuh pasien. Lendir tersebut menghambat sistem pernapasan, pencernaan, dan reproduksi. 

Seperti Thalassemia, penyakit ini biasanya diturunkan pada tingkat 25 persen jika kedua orang tua anak memiliki gen Cystic Fibrosis. 

5. Kolesterol Tinggi

Selain gaya hidup tidak sehat, risiko seseorang mengalami kolesterol tinggi juga bisa meningkat akibat faktor genetik. Hanya saja, masih banyak orang yang gagal mendeteksi dini masalah kesehatan ini sehingga mengalami serangan jantung di usia muda.

Faktanya, orang dengan kelainan genetik yang disebut familial hypercholesterolemia (FH) memiliki tingkat kolesterol jahat (LDL) tinggi sejak lahir. Mereka pun 20 kali lebih berisiko terkena penyakit jantung di usia muda, termasuk serangan jantung dan stroke.

6. Penyakit Celiac

Menurut Celiac Disease Foundation, orang yang memiliki orang tua atau saudara pengidap penyakit celiac berisiko lebih tinggi untuk mengalami kondisi yang sama di masa mendatang. 

Penyakit ini terjadi ketika pencernaan mengalami reaksi negatif saat mengkonsumsi gluten, protein yang ditemukan pada beberapa jenis serealia, seperti gandum dan jelai (barley).

7. Depresi

Meski masih butuh studi lebih lanjut, peneliti menduga bahwa depresi juga termasuk sebagai penyakit yang diturunkan secara genetik. 

Depresi adalah gangguan suasana hati yang membuat penderitanya kehilangan semangat dan motivasi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Depresi yang tidak segera ditangani dengan tepat dapat memicu keinginan bunuh diri.

8. Anemia Sel Sabit (Sickle Cell Anemia)

Sickle cell anemia adalah penyakit keturunan yang dapat diwariskan dari orang tua kepada anaknya. Penyakit ini lebih sering diwariskan pada orang-orang keturunan ras sub-Sahara, India, atau Mediterania. 

Anemia sel sabit menyebabkan sel darah merah berubah dari bentuk donat menjadi sabit. Hal ini dapat membuat sel darah merah menggumpal dan terperangkap di pembuluh darah sehingga memicu nyeri hebat dan komplikasi serius; seperti infeksi, kerusakan organ, dan sindrom pernapasan akut. 

9. Diabetes

Para ilmuwan telah mengaitkan beberapa mutasi gen dengan risiko diabetes yang lebih tinggi. Namun, tidak semua orang yang memiliki kondisi tersebut akan terkena diabetes di kemudian hari. 

Diabetes merupakan suatu kondisi kronis yang terkait dengan kadar gula darah (glukosa) tinggi. Insulin yang diproduksi oleh pankreas memiliki fungsi untuk menurunkan glukosa darah. 

Apabila tubuh tidak dapat memproduksi atau menggunakan insulin dengan baik, gula darah akan cenderung tinggi sehingga mencetuskan penyakit diabetes.

10. Kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali yang dapat terjadi di bagian tubuh mana pun. 

Ada lebih dari 200 jenis kanker, dan gejala awalnya berupa kelelahan, penurunan berat badan, nyeri, perubahan kulit, perdarahan yang tidak biasa, demam, benjolan, atau munculnya massa jaringan.

Waspadai kemungkinan penyakit yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Lakukan pemeriksaan sedini mungkin, dan terapkan gaya hidup sehat agar dapat menurunkan risiko penyakit genetik tersebut. ***

– dr. Iqbal menyelesaikan pendidikan profesi dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi, Jakarta, pada tahun 2016. Ia berkesempatan menjadi asisten penelitian di Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Kini ia mengabdikan profesinya di sebuah Rumah Sakit Swasta, klinik dan Klikdokter, dengan harapan dapat memberikan edukasi serta membuka wawasan kesehatan yang baik pada masyarakat Indonesia secara luas. No. STR : 3111100118175883.

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 49
    9 Manfaat Seruput Kopi di Pagi HariKopi kaya akan antioksidan dan berbagai nutrisi lain yang bermanfaat baik tubuh, seperti riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, natrium, magnesium dan niacin. Berbagai penelitian membuktikan manfaat seruput kopi di pagi hari. Diantaranya: 1. Ampuh membakar lemak Kafein yang terkandung dalam kopi berkhasiat untuk membakar lemak yang ada dalam tubuh. Kafein…
  • 41
    Inilah Gejala Penyakit Hipertensi dan PenyebabnyaKESEHATAN KELUARGA Oleh: dr. Bagas Dyakso Darmojo (Dokter di RSUD Asy-Syifa’ KSB) Banyak orang mengidap hipertensi (tekanan darah tinggi) tanpa menyadarinya, karena penyakit ini cendrung tidak memiliki gejala yang signifikan. Peningkatan tekanan darah kadang-kadang merupakan satu-satunya gejala. Bila demikian, gejala baru muncul setelah terjadi komplikasi pada ginjal, mata, otak, atau…
  • 38
    Waspadai Gejala Berdebar yang BerbahayaKESEHATAN KELUARGA Oleh: dr. Jefry Pinondang Sianipar (Dokter Internsip di RSUD Asy-Syifa’ KSB) Fibrilasi Atrium (FA) merupakan gangguan irama jantung yang paling banyak dijumpai, dimana kondisi jantung menyebabkan denyut jantung menjadi tidak teratur. Pada tahun 2010, perkiraan jumlah laki-laki dan perempuan menderita FA mencapai 20,9 juta dan 12,6 juta orang…
  • 37
    Kenali Penyebab dan Tanda-tanda Jantung KoronerKESEHATAN KELUARGA Oleh: dr. Jefry Pinondang Sianipar (Dokter Internsip di RSUD Asy-Syifa’ KSB) Penyakit jantung koroner sudah menjadi masalah kesehatan yang umum di berbagai belahan dunia saat ini. Menurut data dari badan kesehatan dunia (WHO), penyakit jantung koroner merupakan penyakit pembunuh orang nomor 1 di dunia. Angka kematian akibat penyakit…
  • 33
    Kenali dan Cegah Tumor Ganas Sedari DiniKESEHATAN KELUARGA Oleh: dr. Wahyu Sholekhuddin (Dokter di RSUD Asy-Syifa’ KSB) Tumor adalah asal kata dari bahasa latin yang artinya benjolan, apakah tumor mematikan?, jawabannya tidak karena tumor terbagi ke dalam dua kategori, yaitu tumor jinak dan tumor ganas atau sering disebut dengan kanker. Tumor jinak hanya tumbuh pada satu…
  • 33
    Puasa Bagi Ibu MenyusuiKESEHATAN KELUARGA Oleh: dr. Febi Hapsari (Dokter Internsip di RSUD Asy-Syifa’ KSB) Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah, bulan yang dinantikan umat Islam di seluruh dunia. Di bulan ini umat Islam berlomba-lomba mengerjakan amalan-amalan untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda, baik amalan-amalan wajib maupun sunnah, tak terkecuali ibu-ibu yang sedang…
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Pewarta

Baca Lainnya

Mau Tampil Cantik? Inilah Cushion Terbaik yang Direkomendasi Beauty Vlogger

26 April 2023 - 20:47

Mau Tampil Cantik Inilah Cushion Terbaik yang Direkomendasi Beauty Vlogger - Make Over Cushion

Tips & Trik Cara Menyetrika Kerudung Anti Meleyot

8 Maret 2023 - 16:42

Tips & Trik Cara Menyetrika Kerudung Anti Meleyot - Wanita Berhijab

Sering Menyakiti Orang Lain, Tanda Gangguan Psikologis?

11 Februari 2023 - 20:53

Sering Menyakiti Orang Lain, Tanda Gangguan Psikologis - Memiliki Empati yang Rendah

Mensyukuri Hidup Tanda Mental Sehat

26 November 2022 - 08:54

Mensyukuri Hidup Tanda Mental Sehat - Keluarga Bahagia

Habbatussauda Mujarab Buat Kesuburan Pria dan Wanita

16 November 2022 - 21:10

Habbatussauda Mujarab Buat Kesuburan Pria dan Wanita - Obat Kuat Pria

Hula Hoop Baik Untuk Kesehatan Tubuh

14 Oktober 2022 - 13:10

Hula Hoop Baik Untuk Kesehatan Tubuh - Hula Hoop di Pantai
Trending di SENI HIDUP
Don`t copy text!