Mensyukuri Hidup Tanda Mental Sehat

Menu

Mode Gelap

SENI HIDUP · 26 Nov 2022

Mensyukuri Hidup Tanda Mental Sehat


Mensyukuri Hidup Tanda Mental Sehat Perbesar

Sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga harus diperhatikan. Saat mental sehat, kita bisa menikmati hidup, lebih kreatif, berani mencoba hal baru, dan bahagia menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat.

Biasanya sebagian besar orang umumnya ingin mencari tahu apa saja tanda mental tidak sehat. Namun, apa kamu sudah paham betul ciri-ciri mental sehat? 

Secara umum, ciri-ciri orang yang sehat mental menurut WHO, yaitu; Bisa mengatasi tekanan hidup yang terjadi, dapat bekerja produktif, menyadari potensi yang dimiliki, berkontribusi positif dalam masyarakat.

Selengkapnya, berikut beberapa tanda mental sehat yang sebaiknya ada dalam diri kamu: 

1. Menerima Berbagai Perasaan

Bisa menerima berbagai perasaan atau emosi adalah salah satu ciri mental sehat. Pasalnya, hidup pada dasarnya tidak selalu berjalan lurus, kadang ada hari baik dan hari buruk. 

Kalau kamu mampu menghadapi segala emosi yang muncul dengan bijak, maka kamu tergolong memiliki mental sehat. Kamu terbiasa mampu mengendalikan perasaan, misalnya tidak senang berlebihan maupun sedih berlarut-larut. 

2. Bertanggung Jawab dan Mengerti Prioritas  

Saat kamu merasa senang menjalani hidup sesuai nilai-nilai dan mengetahui prioritas serta tanggung jawab, tandanya kamu memiliki kondisi mental yang sehat.

 Bisa mengatur tanggung jawab dan prioritas dapat membantumu lebih fokus dan tidak kewalahan. Kamu menjadi mampu mengalokasikan waktu dan energi dengan efisien untuk mengerjakan hal yang paling penting terlebih dahulu.

3. Merasa Memiliki

Tanda mental sehat berikutnya adalah saat kamu merasa berharga dan tidak kehilangan arah atau hampa. Ketika mental sehat, seseorang akan cenderung memiliki rasa kebersamaan dan spiritual yang kuat, sehingga yakin bahwa dirinya berharga. 

4. Belajar dari Pengalaman

Mampu menerima ups and downs dalam hidup juga menjadi ciri mental sehat. Ketika mengalami sebuah kejadian, momen tersebut akan dijadikan pelajaran. Nantinya, kondisi mental akan lebih siap menghadapinya saat terjadi lagi.

5. Berani Mengatakan “Tidak”

Terkadang, berani mengatakan “tidak” untuk hal-hal yang tidak kamu suka itu penting! Kamu harus tahu kapan perlu bilang “tidak” dan berani mengutarakannya.

Berani bilang “tidak” dalam kondisi tertentu baik untuk menjaga kesehatan mental, karena batasan pribadi dihargai.

6. Hubungan Sosial Terjalin Baik 

Orang-orang yang sehat mental biasanya dapat dicirikan dari kehidupan sosial yang erat.

Ketika mental sehat, kamu akan mampu menghargai diri sendiri. Efek positifnya, kamu juga akan menghargai cinta, waktu, dan usaha dari orang-orang terdekat. Ini bisa membangun ikatan yang lebih kuat dengan teman, anggota keluarga, dan rekan kerja. 

7. Percaya Diri

Kepercayaan diri yang baik juga penting untuk kesehatan mental yang sehat. Ingat, harga dirimu tidak bergantung pada persepsi orang lain atau seberapa banyak kesuksesan yang bisa diperoleh. 

Kalau kamu percaya diri, kamu akan tahu dan yakin dengan prinsip pribadi. Ciri mental sehat adalah tidak bergantung pada orang lain hanya untuk membuat diri merasa lebih baik.

8. Realistis

Kamu tahu batas, sehingga dapat menghindari kekecewaan atau ekspektasi berlebihan. Faktor ini merupakan tanda mental sehat karena kamu mampu mencegah atau mengelola stres.

Karena kemampuan tersebut, kamu pun dapat lebih mudah fokus mengembangkan potensi diri dan menjalani kegiatan.

9. Tidak Iri Hati

Kamu ikut senang dengan prestasi teman? Selamat, artinya kamu termasuk orang yang sehat mental!

Tanda mental sehat yang tak kalah penting adalah mampu merasa bahagia dengan tulus atas kebahagiaan orang lain dan tidak asal cemburu. 

10. Mensyukuri Hidup  

Kamu merasa cukup dan bersyukur atas hal-hal yang kamu miliki, sehingga perasaan juga lebih damai dan bahagia. Mental yang sehat dapat terbangun dari hal ini.

Ketika kamu sehat mental dan bersyukur, segala rintangan dapat kamu lihat sebagai kesempatan untuk belajar sehingga tidak ada stres berlebih. Jadi, jangan lupa bersyukur, ya!

Tak perlu berkecil hati kalau kamu punya sedikit dari ciri-ciri mental sehat di atas. Berusahalah pelan-pelan untuk memperbaiki kesehatan mental agar jiwa lebih lega dan bahagia, serta aktivitas berjalan lancar. *** – KOBARKSB.com

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 55
    Sering Menyakiti Orang Lain, Tanda Gangguan Psikologis?Ada segelintir orang yang merasa senang ketika berhasil menyakiti atau melihat orang lain menderita. Orang-orang tersebut cenderung menikmati adegan film yang berdarah-darah, dan menganggap perkelahian atau pertikaian sebagai hal menarik. Lantas, apakah perasaan ingin melukai orang lain berkaitan dengan keadaan psikologis? Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, bahwa keinginan untuk…
  • 52
    Gangguan Mental Bisa Diketahui dari Foto Profil Media SosialAda banyak tanda yang ditampakkan ketika seseorang depresi atau mengalami gangguan mental. Mereka bisa lebih murung, tidak nafsu makan atau sebaliknya, mudah marah, gampang menangis, atau merasa putus asa. Akan tetapi, di era media sosial dan serba-digital ini, gejala depresi diklaim bisa terlihat dari foto profil seseorang. Bahkan, foto profil…
  • 52
    Angin Kencang dan Pohon Tumbang Terjadi di Taliwang, Pengguna Jalan Diminta Hati-hatiTaliwang, KOBARKSB.com - Selama 2 hari terakhir, hujan lebat disertai angin kencang dan petir dilaporkan terjadi di wilayah Taliwang, Sumbawa Barat. Akibatnya, salah satu pohon besar di jalan utama lintas Taliwang-Sumbawa tumbang dan menutupi seluruh bahu jalan. "Telah terjadi pohon tumbang yang menutupi ruas jalan utama lintas Taliwang-Sumbawa, Sabtu, (7/5),…
  • 52
    Hati-hati Makan Durian! Tidak Semua Makanan Bisa Dimakan Bersamaan dengan DurianMeski teksturnya lembut dan sangat sulit berhenti untuk mengunyahnya, akan tetapi Anda harus mengetahui bahwa ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan durian. Sebab, memakan durian bersamaan dengan beberapa makanan tertentu dapat menimbulkan permasalahan pada kesehatan. Makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan durian biasanya memiliki kandungan yang…
  • 52
    Hula Hoop Baik Untuk Kesehatan TubuhHula Hoop adalah salah satu alat populer yang dikenal sebagai mainan anak. Alat ini cukup populer lebih dari 60 tahun terakhir dan kini bisa menjadi salah satu alat olahraga yang menyenangkan bagi orang dewasa. Manfaat olahraga hula hoop secara rutin dapat dirasakan tubuh dan juga bisa dilakukan secara menyenangkan bersama…
  • 50
    Puskesmas Sekongkang Tak Miliki Dokter“Telah Berlangsung Selama 3 Bulan” Sekongkang, KOBARKSB.com - Pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Sekongkang, dikeluhkan masyarakat setempat. Pasalnya, sejak 3 bulan terakhir ini Puskesmas yang memiliki fasilitas serba mewah tersebut tak kunjung memiliki seorang dokter pun. Dedy Iswandi, warga Desa Tongo, mengaku harus berurusan hingga ke RSUD Asy-Syifa’…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Mau Tampil Cantik? Inilah Cushion Terbaik yang Direkomendasi Beauty Vlogger

26 April 2023 - 20:47

Mau Tampil Cantik Inilah Cushion Terbaik yang Direkomendasi Beauty Vlogger - Make Over Cushion

Tips & Trik Cara Menyetrika Kerudung Anti Meleyot

8 Maret 2023 - 16:42

Tips & Trik Cara Menyetrika Kerudung Anti Meleyot - Wanita Berhijab

Sering Menyakiti Orang Lain, Tanda Gangguan Psikologis?

11 Februari 2023 - 20:53

Sering Menyakiti Orang Lain, Tanda Gangguan Psikologis - Memiliki Empati yang Rendah

Habbatussauda Mujarab Buat Kesuburan Pria dan Wanita

16 November 2022 - 21:10

Habbatussauda Mujarab Buat Kesuburan Pria dan Wanita - Obat Kuat Pria

Hula Hoop Baik Untuk Kesehatan Tubuh

14 Oktober 2022 - 13:10

Hula Hoop Baik Untuk Kesehatan Tubuh - Hula Hoop di Pantai

Hati-hati Makan Durian! Tidak Semua Makanan Bisa Dimakan Bersamaan dengan Durian

14 Juli 2022 - 20:16

Hati-hati Makan Durian, Tidak Semua Makanan Bisa Dimakan Bersamaan dengan Durian - Durian Montong
Trending di SENI HIDUP
Don`t copy text!