SDN 2 Taliwang Terapkan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa

SDN 2 Taliwang Terapkan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa

Taliwang, KOBAR – Disamping mengajar dan mendidik para siswa sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Pihak Sekolah Dasar Negeri (DSN) 2 Taliwang juga melaksanakan berbagai kegiatan untuk menata sekolah dan lingkungan, termasuk memberikan pelajaran khusus bagi siswa untuk sadar tentang kebersihan dan lingkungan.

Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 2 Taliwang, Ibrahim SPd, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at 21/11 kemarin, mengatakan, program siswa peduli lingkungan dan kesehatan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan secara bersama antara siswa dengan para guru, bahkan program itu disambut baik secara bersama-sama, karena selain membersihkan lingkungan sekolah juga untuk mengajak siswa peduli dan mengerti tentang arti kebersihan dan kesehatan itu sendiri.

Pelaksanaan program itu semakin mantap setelah pihak sekolah mendapat bantuan bahan campuran pembuatan pupuk kompos, termasuk bantuan berupa bibit yang bisa ditanam dalam lingkungan sekolah dari pemerintah. “Kami terus terpacu untuk menata lingkungan dan menjaga keasrian, karena pihak sekolah mendapat bantuan untuk pembuatan pupuk kompos, termasuk bibit yang bisa ditanam dalam lingkungan sekolah,” ucapnya.

Masih keterangan Ibrahim, program itu sendiri mendapat dukungan dari seluruh siswa, dimana para siswa cukup sadar arti pentingnya kebersihan lingkungan, terutama di lingkungan sekolah. Mereka tidak segan-segan memungut sampah kalau ada yang  ditemukan berserakan di halaman sekolah, selain itu, siswa juga akan menegur temannya yang kedapatan membuang sampah bukan pada tempatnya.

“Intinya, siswa kami sudah sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan sekolah, semoga hal itu bisa dipertahankan dan SDN 2 Taliwang bisa menjadi contoh bagi sekolah lain, terutama masalah kebersihan lingkungan sekolah dan yang terpenting, kebiasaan ini bisa siswa terapkan saat berada di lingkungan masing-masing,” harapnya.

Apresiasi khusus juga disampaikan kepada seluruh guru yang cukup semangat dalam mengajak siswa menjalankan program kebersihan lingkungan sekolah, bahkan para guru dalam lingkungan SDN 2 Taliwang tidak segan-segan melaksanakan kebersihan secara langsung, dimana mereka memberikan contoh, kalau melihat sampah diluar tempat pembuangan sampah harus dipungut. “Guru mempraktekkan langsung, jadi bukan hanya menyuruh siswanya untuk memungut sampah, tetapi mereka juga ikut memungut sampah,” terangnya. (kimt)

Don`t copy text!