Amman Mineral Didesak Segera Lunasi Dana CSR USD 11 Juta

Menu

Mode Gelap

INDONESIA · 11 Nov 2022

Amman Mineral Didesak Segera Lunasi Dana CSR USD 11 Juta


Amman Mineral Didesak Segera Lunasi Dana CSR USD 11 Juta Perbesar

Jakarta, KOBARKSB.com – PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT) didesak untuk segera melunasi dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar USD 11 Juta yang belum ditunaikan selama 3 tahun.

Hal tersebut disampaikan, Adian Napitupulu, Anggota Komisi VII dari Fraksi PDI Perjuangan, kepada Direktur Utama (Dirut) PT AMNT, Rachmat Makkasau, dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) antara Komisi VII DPR RI dengan Manajemen Amman Mineral, Kamis, (10/11), yang disiarkan secara langsung melalui Kanal YouTube DPR RI.

“Data tadi yang saya sampaikan, dalam tiga tahun terakhir ada kekurangan bayar CSR Amman Mineral terhadap rakyat di sana. Sebagai Corporate social responsibility-nya itu hampir USD 11 juta. Kapan kalian mau bayar?,” sergah Adian, kepada Rachmat Makkasau.

Menjawab pernyataan Adian, Rachmat menyampaikan, bahwa pihaknya akan melunasi tunggakan CSR pada tahun 2023. 

“Jadi kalau yang sisa akumulasi yang tadi pak Adian sampaikan, termasuk yang sisa tahun ini, itu akan dimasukkan dalam program tahun depan dan akan dihabiskan di tahun depan,” kata Rachmat. 

Atas jawaban Dirut PT AMNT, Adian keberatan. Karena tidak ada titik temu antara Adian dan Rachmat, Yulian Gunhar, Anggota Komisi VII dari Fraksi PDI Perjuangan, mengusulkan kepada Pimpinan Rapat, agar dilakukan audit investigasi oleh BPK terhadap pengelolaan dana CSR PT AMNT.

“Saya pikir itu sudah masuk pada ranah kesimpulan Pimpinan, bahwa komisi VII merekomendasikan kepada BPK untuk melakukan audit investigasi berkaitan dengan pengelolaan dana CSR Amman Mineral,” kata Yulian Gunhar.

Untuk diketahui, RDPU ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno, dari Fraksi PAN, dengan agenda penjelasan terkait penjualan scrap dan pembuangan Limbah B3 ke laut, serta penjelasan terkait insiden meninggalnya pekerja tambang, termasuk penjelasan tentang rencana dan realisasi program untuk masyarakat.

RDPU ditutup dengan kesimpulan rapat sebagai berikut:

  1. Komisi VII DPR RI mendesak Direktur Utama (Dirut) PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT) untuk melakukan evaluasi dan tindakan tegas terhadap kontraktor PT Vector Utama Indonesia dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara, agar turut bertanggung jawab terhadap dampak kecelakaan kerja yang dialami oleh pihak korban dari kecelakaan kerja.
  2. Komisi VII DPR RI mendesak Dirut PT AMNT untuk terus melakukan perbaikan sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dengan melakukan pengujian peralatan pertambangan secara berkala dan meningkatkan kompetensi tenaga kerja, agar kecelakaan kerja yang berakibat fatal dapat dihindari.
  3. Komisi VII DPR RI mendesak Dirut PT AMNT untuk memenuhi kekurangan biaya program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dari tahun-tahun sebelumnya dan melaksanakan program PPM secara konsekuen, serta menyampaikan rencana pemenuhan biaya program PPM yang tertunda secara rinci kepada Komisi VII DPR RI.
  4. Komisi VII DPR RI akan mengagendakan rapat lanjutan dengan Dirut PT AMNT untuk menindaklanjuti hasil rapat dengar pendapat hari ini, Kamis (10/11), selambat-lambatnya pada tanggal 30 November 2022. 
  5. Komisi VII DPR RI meminta Dirut PT AMNT untuk menyampaikan jawaban tertulis atas semua pertanyaan yang disampaikan oleh Anggota DPR RI, dan disampaikan ke Komisi VII DPR RI paling lambat 17 November 2022.

RDPU dilaksanakan dari Pukul 13.00 WIB hingga pukul 17.15 WIB. Diikuti oleh 37 orang anggota dari 51 orang anggota Komisi VII DPR RI secara tatap muka dan virtual. Bertempat di ruang rapat Komisi VII DPR RI, Gedung Nusantara I Lantai I, DPR RI, Jakarta. (knda)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 93
    Gonjang Ganjing Limbah Amman Mineral, Pemerintah Provinsi NTB Angkat TanganTaliwang, KOBARKSB.com - Pasca Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) antara Komisi VII DPR RI dengan Manajemen Amman Mineral, aneka persoalan yang membelit PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) selanjutnya bergulir bak bola liar. Salah satu yang disorot Komisi VII adalah soal penjualan limbah tambang (Scrap) PT AMNT. Presiden Direktur PT…
  • 86
    Amman Mineral Klaim Patuh Aturan Pemerintah IndonesiaMaluk, KOBARKSB.com - Setelah menjadi sorotan sejumlah kalangan terkait keberadaan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) di Tambang Batu Hijau, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pihak AMMAN akhirnya angkat suara, menegaskan, bahwa AMMAN tetap selalu menerapkan prinsip dan kaidah penambangan yang baik dan bertanggung jawab, serta…
  • 86
    Sumbawa Barat Krisis Kepemimpinan KronisTaliwang, KOBARKSB.com - Nihilnya respon Kepala Daerah serta politisi setempat atas sejumlah persoalan yang disuarakan beberapa elemen masyarakat akhir-akhir ini, dinilai telah menjerumuskan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada krisis kepemimpinan yang kronis. "Di kondisi KSB saat ini, kami melihat adanya krisis kepemimpinan yang semakin akut. Bayangkan saja, dengan segala persoalan…
  • 85
    Sumbawa Barat Raih Penghargaan Smart City Tahun 2022Taliwang, KOBARKSB.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dilaporkan telah menerima penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terkait penyelesaian Masterplan Smart City Tahun 2022. “Membangun Smart City itu diawali pada transformasi digital. Setelah itu, setiap Pemda memahami apa yang dibutuhkan. Karena karakteristik setiap Pemda itu berbeda. Namun nanti arahnya…
  • 85
    Bupati Sumbawa Barat Kampanyekan Cinta BatikTaliwang, KOBARKSB.com - Ribuan anak TK se-Kabupaten Sumbawa Barat mengikuti pawai batik. Pawai dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional itu melibatkan 101 TK se-Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Sumbawa Barat, H W Musyafirin, Kamis, (14/9), itu berlangsung meriah. Ini merupakan kegiatan pertama…
Artikel ini telah dibaca 91 kali

badge-check

Pewarta

Baca Lainnya

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H

1 Februari 2024 - 18:43

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H - Haedar Nashir - Ketua Umum PP Muhammadiyah

Bupati Beri Kesempatan 20 Orang Putra/i Sumbawa Barat Untuk Kuliah Gratis di Fakultas Kedokteran UNRAM

27 Januari 2024 - 18:21

Bupati Beri Kesempatan 20 Orang Putrai Sumbawa Barat Untuk Kuliah Gratis di Fakultas Kedokteran UNRAM - H W Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat

AMMAN Gandeng NARASA Perkuat UMKM dan Pariwisata di Sumbawa Barat

25 Januari 2024 - 20:14

AMMAN Gandeng NARASA Perkuat UMKM dan Pariwisata di Sumbawa Barat - Amar Nurmansyah - Sekda KSB

Universitas Cordova Siap Cetak Jurnalis Andal yang Bijak, Inovatif, dan Komunikatif

9 Januari 2024 - 16:43

Universitas Cordova Siap Cetak Jurnalis Andal yang Bijak, Inovatif, dan Komunikatif - Hardoni - Anggota PWI KSB - Pemred KOBARKSB.com

Meta Facebook Buka 72 Lowongan Kerja dengan Gaji Fantastis

22 Desember 2023 - 14:12

Meta Facebook Buka 72 Lowongan Kerja dengan Gaji Fantastis - Meta's Headquarters in Menlo Park, California

Pemda KSB Yakin Target PAD Tahun 2023 100% Tercapai

14 Desember 2023 - 16:59

Pemda KSB Yakin Target PAD Tahun 2023 100% Tercapai - Tambang Emas Sumbawa Barat
Trending di EKONOMI
Don`t copy text!