fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

SDN 2 Taliwang Kembangkan School Garden

Taliwang, KOBAR – Untuk memberikan pengajaran lifeskill  kepada peserta didik berupa pengajaran  menanam  sayur mayur dan obat-obatan atau botani sejak dini, SDN 2 Taliwang mengembangkan school garden  atau kebun sekolah.

Kepala SDN 2 Taliwang, Ibrahim Ali Salim,  dalam keterangan kepada media ini, menyatakan bahwa school garden ini sengaja dikembangkan,  selain  tata ruang SDN  yang cukup luas, juga mendapat dukungan  dari semua kalangan. ”Proyek ini mendapat sambutan dari semua kalangan termasuk  bantuan dari Pemprov NTB,” kata Ibrahim.

Ia juga menyatakan, bahwa  pengembangan kebun sekolah juga diintegratifkan  dengan proses  pembelajaran di sekolah. Misalnya, praktek kreatifitas sains anak, cinta lingkungan materi lingkungan hidup. ”Kita ingin pembelajaran akan dikembangkan  ke arah pembelajaran yang praktis dan aktual. Pokoknya, lebih ke arah pembelajaran menuju life skill sejak dini,” tandasnya.

Menurut Ibrahim,  pengembangan school garden ini juga  bagian dari upaya  memfasilitasi anak untuk menyalurkan bakat dan minat  bertani bagi anak.

Untuk mensukseskan kegiatan pengembangan school garden, pihak sekolah sebelumnya juga telah melaksanakan praktek pembuatan kompos dari sampah organik. “Pelatihan  pembuatan pupuk organik ini juga melibatkan siswa. Pelatihnya sendiri dari orang environment Newmont,” aku Ibrahim.

Dalam praktek sehari-hari, sedikitnya dua guru telah ditetapkan sebagai fasilitator school garden; Ramlah S.Pd dan Syarafuddin dibantu rekan guru lainnya yang pada setiap hari nampak mendampingi siswanya.

Hingga kini sedikitnya  seratus polibag telah ditanami beragam tanaman, diantaranya; cabe, tomat, terong-terongan dan berbagai jenis sayur mayur serta tanaman obat-obatan. “Sekitar sebulan lagi tanaman tersebut akan segera dipanen,” ujar Syarafuddin disela-sela mendampingi siswanya.

Uniknya, di School Garden itu nama-nama anak telah didaftar untuk menjadi perawatnya. (kahl)

Don`t copy text!