fbpx
KSB Masih Membutuhkan Energi

KSB Masih Membutuhkan Energi

Taliwang,KOBAR – Sejumlah kawasan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) masih membutuhkan energi listrik. Kebutuhan itu akan diupayakan pada tahun anggaran 2015 mendatang, tinggal sejauhmana dukungan anggarannya.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ir H Muslimin HMY MSi yang ditemui media ini dalam ruang kerjanya kemarin mengakui jika masih ada beberapa kawasan yang membutuhkan intervensi pemerintah dalam penyediaan energi listrik. Berapa banyak kawasan itu masih dilakukan pendataan valid.

Masih keterangan H Muslimin, dalam beberapa tahun terakhir sudah ada tahapan yang dilakukan pemerintah untuk mempersiapkan energi listrik, baik menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun dana bantuan provinsi. “Beberapa daerah telah menikmati listrik setelah pelaksanaan program, termasuk daerah kawasan lingkar tambang,” ucap H Muslimin.

Daerah lingkar tambang yang saat ini telah menikmati listrik adalah wilayah Talonang Baru, dimana pada tahun 2013 lalu ada 100 Kepala Keluarga (KK) yang sudah menikmati listrik dengan sistem tenaga surya dan untuk 60 KK dari dana DAK. “Telah dilaksanakan sistem Perusahaan Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat untuk wilayah Talonang Baru,” tegas H Muslimin.

Program yang sama juga dirasakan masyarakat wilayah Lemar Lempo, hanya saja tidak dilakukan secara terpusat, namun lebih pada terpencar, dimana ada 60 KK mendapatkan penerangan listrik dari dana DAK dan 60 KK dari dana provinsi.

H Muslimin juga mengatakan bahwa untuk wilayah Rarak Ronges akan dilakukan pendataan, termasuk beberapa daerah lain jika memang masih ada, karena laporan terakhir yang diterima untuk wilayah Mataiyang dan wilayah Poto Tano sudah terpenuhi. (kimt)

Don`t copy text!