Proyek Biogas Kembali Mangkrak

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Biogas

Proyek Biogas Kembali Mangkrak

Taliwang, KOBAR – Meski Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengklaim bahwa pekerjaan pembangunan biogas yang menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2014, termasuk normalisasi kegiatan tahun 2013, telah tuntas dikerjakan. Namun pada kenyataannya proyek tersebut ditolak oleh masyarakat, lantaran kondisi lapangan, justru masih banyak unit biogas yang belum bisa dioperasikan.

Ada beberapa Desa yang mengajukan protes dan mendesak Dinas ESDM selaku leading sektor untuk bertanggung jawab atas proyek tersebut, karena masyarakat selaku penerima program belum bisa menikmati energi alternatif tersebut, bahkan ada sejumlah perwakilan masyarakat yang hendak bertemu dengan penanggung jawab proyek, namun tidak berhasil ditemui.

Laporan terbuka tentang bermasalahnya pekerjaan biogas, disampaikan pihak pemerintah Desa Dasan Anyar, lantaran pihak ESDM yang dimintai pertanggung jawaban telah memberikan janji untuk segera menanganinya, namun sampai saat ini belum juga ada realisasinya. “Saya cukup sering mendatangi ESDM untuk bertemu dengan penanggung jawab proyek, namun yang bersangkutan tidak berhasil ditemui,” sesal Kades Dasan Anyar, Muhammad Iksan, kemarin.

Disampaikan Iksan, proyek biogas untuk Desa Dasan Anyar berjumlah 15 unit, namun yang bermasalah sampai saat ini ada 7 unit. “Saya tidak bisa memberikan keterangan apapun kepada masyarakat terkait masalah itu, sehingga mendesak pihak ESDM untuk terjun ke lapangan, baik untuk memberikan penjelasan atau menyelesaikan pekerjaan biogas tersebut,” pintanya.

Diakui juga Ikhsan bahwa ada beberapa proyek biogas yang sudah rampung dikerjakan, tetapi tidak berfungsi atau tidak menyala, sementara dalam sosialisasi yang disampaikan bahwa masyarakat langsung menerima program itu dalam keadaan berfungsi atau menyala. “Hampir sebagian besar tidak menyala, jadi wajar jika masyarakat mengajukan protes,” timpalnya.

Sayangnya, Sutarno selaku pejabat yang bertanggung jawab dengan proyek tersebut tidak berhasil dikonfirmasi, meskipun telah coba didatangi di kantornya, bahkan nomor selularnya tidak aktif, sehingga media ini belum bisa mendapatkan keterangan terkait dengan masalah biogas yang dilaporkan tersebut. (kimt)

About Post Author

Don`t copy text!