Geram Listrik Padam Melulu, DPRD KSB Akan Panggil PLN

Menu

Mode Gelap

PULAU SUMBAWA · 10 Apr 2016

Geram Listrik Padam Melulu, DPRD KSB Akan Panggil PLN


Geram Listrik Padam Melulu, DPRD KSB Akan Panggil PLN Perbesar

Taliwang, KOBAR – Meningkatnya frekwensi pemadaman listrik yang terjadi di Sumbawa Barat beberapa bulan terakhir, menjadi atensi khusus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa Barat.

Ketua Komisi III DPRD Sumbawa Barat, Dinata Putrawan ST, menyatakan, permasalahan peningkatan frekwensi mati listrik bukanlah sekedar permasalahan biasa. Mengingat, pemadaman listrik tidak terjadwal PLN mulai mengganggu aktivitas masyarakat secara luas.

“Ini (pemadaman listrik, red) sudah sangat mengkhawatirkan. Ditambah lagi dengan kemungkinan kerusakan barang-barang elektronik masyarakat,” katanya.

Dinata menambahkan, penyelesaian permasalahan listrik harus segera dilakukan, sebab, listrik adalah kebutuhan primer masyarakat untuk melakukan aktivitas baik malam maupun siang hari. Dengan demikian, masyarakat membutuhkan langkah nyata dari semua pihak khususnya DPRD untuk mencari solusi terbaik menangani masalah tersebut.

“Karena ini adalah kebutuhan primer masyarakat, kami akan melakukan tindakan nyata sebagai wakil rakyat,” terang Dinata.

Untuk memastikan duduk permasalahan yang sebenarnya, dirinya secara kelembagaan akan memanggil dan meminta keterangan secara resmi dari pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Taliwang.

“Iya, Ini tentu tidak bisa dibiarkan berlarut-larut, jadi kami akan memanggil Managemen PLN,” katanya.

Nantinya lanjut Dinata, pihaknya akan meminta kejelasan dari PLN tentang masalah terbesar yang dihadapi sehingga pemadaman yang terjadi cenderung tinggi.

“Kami akan menanyakan, apakah masalahnya di mesin atau kemampuan pembangkit yang tidak mampu memenuhi kebutuhan listrik,” tukasnya.

Dinata menegaskan, selain akan memanggil pihak PLN sebagai penyedia layanan listrik, pihaknya akan mengajak Instansi terkait dalam hal ini Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) KSB, untuk duduk bersama guna menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Kami juga akan bicara dengan pihak ESDM untuk mencari solusi terbaik menangani permasalahan listrik ini,” imbuhnya.

Nantinya, jika sudah ada hasil dengar pendapat antara pihaknya dengan PLN dan Pemerintah, pihaknya akan merumuskan rekomendasi sebagai bahan untuk disampaikan ke PLN Regional di Bali. Rekomendasi yang dimaksudkan adalah terkait opsi penanganan mati listrik tersebut.

“Apapun permasalahannya akan kami tindak lanjuti hingga sampai ke Regional PLN,” timpalnya.

Dinata menambahkan, Pembahasan penanganan perbaikan sistem operasi listrik PLN akan dilakukan diantara interval waktu pembahasan Raperda oleh Pansus.

“Mengingat anggota Komisi III tersebar di beberapa  pansus DPRD, jadi kami akan mengatur jadwal pembahasannya,” demikian Dinata. (kans)

Trending di KOBARKSB.com

  • 54
    Sutet PLTU Kertasari Masih Terkendala LahanTaliwang, KOBAR - Pembangunan menara Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik PT Perusahaan Listrik Negara (PTPLN) yang akan beroperasi di Kabupaten Sumbawa Barat pada sejumlah lokasi sejauh ini masih terkendala  pembebasan lahan. Rata-rata pemilik lahan enggan melepas tanah mereka sesuai harga beli PTPLN. Kabag Pemerintahan Sekretariat…
  • 49
    KSB Masih Membutuhkan EnergiTaliwang,KOBAR - Sejumlah kawasan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) masih membutuhkan energi listrik. Kebutuhan itu akan diupayakan pada tahun anggaran 2015 mendatang, tinggal sejauhmana dukungan anggarannya. Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ir H Muslimin HMY MSi yang ditemui media ini dalam ruang kerjanya kemarin mengakui jika masih ada beberapa…
  • 43
    Ketua DPRD KSB Nyatakan Bersedia Maju di PilkadaTaliwang, KOBAR - Atmosfer politik Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mulai menghangat, entah apakah itu sebuah dinamika politik positif ataukah hanya sebuah pergerakan politik liar. Namun pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bulan Desember mendatang, menjadi moment emas bagi partai politik (Parpol) untuk berkoalisi dalam mengusung paket pasangan yang sesuai dengan aspirasi partai. Seiring…
  • 43
    Aset Daerah Yang Mangkrak Disorot DewanTaliwang, KOBAR - Sejumlah aset daerah yang masih mangkrak dan belum dimanfaatkan, menjadi perhatian serius para wakil rakyat di Bertong. Kinerja Pemerintah dipertanyakan, karena hingga saat ini, sejumlah rekomendasi mereka terkait sejumlah aset potensial yang dimiliki daerah tak kunjung bergeliat dan menjadi pundi bagi daerah. “DPRD melalui komisi teknis, dalam hal…
  • 40
    Hemat Listrik, PJU KTC Akan DirombakTaliwang, KOBAR - Upaya pemerintah dalam merealisasikan penghematan listrik di lingkup pemerintahan Kabupaten Sumbawa Barat nampaknya bukan wacana semata. Ini dibuktikan dengan telah mulai dilakukannya rencana penggantian lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan jenis lampu hemat daya listrik di kawasan Kemutar Telu Center (KTC). Plt Sekretaris Badan (Sekban) Badan Lingkungan Hidup…
  • 40
    Politisasi Proyek PL Sangat Diwanti-wantiMustafa: Kami Dukung, Asal Tidak Melenceng   Taliwang, KOBAR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menanggapi baik Surat Edaran (SE) Sekretaris Daerah (Sekda), Nomor 308/177/Setda/II/2016, tentang kewajiban pelaporan semua kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang nilainya dibawah Rp 200 juta ke Bupati. Namun sejumlah Anggota Parlemen…
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Pewarta

Baca Lainnya

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS

12 Agustus 2023 - 20:27

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS - Seleksi PPPK 2023 - CASN 2023

3.113 Orang Jemaah Haji NTB Telah Tiba di Kampung Halaman

30 Juli 2023 - 22:03

3.113 Orang Jemaah Haji NTB Telah Tiba di Kampung Halaman - Jamaah Haji Sumbawa - Bandara Internasional Lombok - Embarkasi Lombok

PT Adaro Energy Indonesia Buka 55 Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan Sarjana

9 Juli 2023 - 20:07

PT Adaro Energy Indonesia Buka 55 Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan Sarjana - Lowongan Kerja Terbaru PT Adaro Energy Indonesia

Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H – Amilan Hatta

28 Juni 2023 - 20:00

Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H - Amilan Hatta - Calon Anggota DPRD NTB Dapil NTB 5 - Partai PDI Perjuangan

Semua Layanan Media Sosial Milik Facebook Mati Total

5 Oktober 2021 - 01:19

Semua-Layanan-Media-Sosial-Milik-Facebook-Mati-Total-Facebook-Down

Waspada Hujan Lebat Sepanjang Hari Terjadi di NTB

22 Februari 2021 - 19:34

Hujan-Lebat
Trending di LOMBOK TENGAH
Don`t copy text!