fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Gara-gara Banyak Toilet SPBU yang Berbayar, Erick Thohir Tegur Direksi Pertamina - Erick Thohir Bersama Penjaga Toilet SPBU Pertamina

Gara-gara Banyak Toilet SPBU yang Berbayar, Erick Thohir Tegur Direksi Pertamina

“Ramai-ramai SPBU Pertamina Tempel Tulisan Toilet Gratis”

Jakarta, KOBAR – Setelah ramai-ramai soal pungutan sebesar Rp 2.000 di toilet SPBU diperbincangkan netizen. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, meminta agar PT Pertamina (Persero) menggratiskan semua toilet di SPBU milik Pertamina maupun swasta.

“Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki, dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina juga toiletnya nggak boleh bayar. Harus gratis!,” kata Erick, dalam postingan video yang diunggah di akun Instagram pribadinya @erickthohir, Senin (22/11).

Erick Thohir Berbincang Bersama Seorang Penjaga Toilet SPBU Pertamina

Erick meminta agar pihak terkait segera memperbaiki layanan fasilitas toilet di SPBU-SPBU yang berada di bawah perusahaan tersebut. Sebab, pengenaan tarif toilet itu dinilai masyarakat sebagai pungutan liar (pungli) dan tidak bersifat sukarela.

Toilet, jelas Erick, merupakan fasilitas umum yang seharusnya gratis digunakan. Keuntungan yang didapat pemilik SPBU, menurut Erick, sudah diperoleh dari penjualan bahan bakar minyak (BBM), serta penyewaan lahan untuk toko-toko. Karena itu, ia menegaskan, bahwa toilet di SPBU sudah seharusnya gratis untuk digunakan masyarakat.

“Saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis, karena kan sudah dapat dari jualan bensin. Sudah gitu ada juga toko kelontong. Jadi masyarakat mestinya mendapat fasilitas tambahan,” tegas Erick Thohir.

Gara-gara postingan Erick Thohir tersebut, keesokan harinya, Selasa, (23/11), nampak sejumlah SPBU Pertamina ramai-ramai memasang pengumuman Toilet Gratis pada toilet-toilet yang dimiliki. Dan pada fasilitas toilet tersebut tak lagi ditunggui penjaga.  

Tulisan Toilet Gratis di Salah Satu SPBU Pertamina

Pengumuman Toilet Gratis tersebut pun terlihat masih baru dan belum lama ditempel. Nampak dari tulisan Toilet Gratis yang diprint di kertas HVS warna putih dan ditempelkan dengan menggunakan selotip. Kertasnya masih terlihat baru dan bersih, warna tinta tulisan Toilet Gratis pun belum pudar. (knda)

Don`t copy text!