fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

WSBK Mandalika 2021 Telah Berakhir, NTB Siap Songsong MotoGP Mandalika 2022 - Gubernur NTB dan Pembalap IATC 2021

WSBK Mandalika 2021 Telah Berakhir, NTB Siap Songsong MotoGP Mandalika 2022

Lombok Tengah, KOBAR – World Superbike (WSBK) dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, telah berakhir. Selanjutnya, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ditantang untuk menjadi penyelenggara MotoGP Seri Indonesia tahun 2022.

“Alhamdulillah, penyelenggaraan WSBK berjalan lancar. Terima kasih semuanya yang telah mendoakan acara kita hingga bisa terlaksana. Kalau masih ada kekurangan-kekurangan dan ketidaksempurnaan, biasalah event pertama. Setidaknya, kita sudah buktikan pada dunia, walaupun di tengah pandemi kita berhasil menyelenggarakan event besar dengan baik,” kata Zulkieflimansyah, Gubernur NTB, Minggu, (21/11).

Gubernur NTB Bersama Manajemen Dorna Sports

Dengan terselenggaranya WSBK dan IATC di Mandalika, kata Gubernur, pihaknya semakin mudah untuk menjelaskan tentang NTB kepada seluruh dunia. Selanjutnya, pihaknya kembali bersiap-siap untuk menyongsong event balap selanjutnya di Sirkuit Mandalika, yaitu, MotoGP seri Indonesia, pada bulan Maret 2022.

“20 Maret 2022 kita akan menjadi Tuan Rumah MotoGP. Masih ada waktu untuk berbenah, memperbaiki yang kurang-kurang dan mempersiapkan diri secara lebih baik lagi,” tukas Zulkieflimansyah.

Gubernur NTB Saat Sesi Wawancara Bersama Al Jazeera International dan AFP France

Sementara itu, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, usai menonton langsung WSBK di Sirkuit Mandalika, Minggu, (21/11), menyampaikan, bahwa nama Mandalika telah menjadi buah bibir seantero negeri, bahkan sampai ke mancanegara. 

Penantian bangsa Indonesia selama 24 tahun untuk event balap internasional digelar di Indonesia, kata Luhut, akhirnya terbayar lunas dengan terselenggaranya WSBK dan IATC di Sirkuit Mandalika Lombok.

“Dari laporan yang kita terima, WSBK di Sirkuit Mandalika ditonton 1,6 miliar penduduk di dunia. Nama Mandalika menjadi buah bibir seantero negeri bahkan sampai ke mancanegara, karena kencangnya suara deru mesin motor-motor yang sedang melangsungkan balapan di sirkuit ini,” ungkap Luhut.

Gubernur NTB Dampingi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Menonton WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika Lombok

Ia pun mengaku, bahwa ada sebuah kebanggaan tersendiri ketika melihat sirkuit ini berhasil dibangun, diuji coba, hingga terlaksananya lomba oleh seluruh penyelenggara. Menurutnya, diantara semua destinasi wisata super prioritas yang sedang dibangun, yang paling tidak populer adalah Mandalika. Akan tetapi, nama Mandalika saat ini telah menjadi buah bibir dunia.

“Kesulitan, hambatan, serta cibiran yang sempat menyertai proses pembangunannya, serasa tak pernah ada, ketika melihat satu demi satu impian ibu pertiwi berhasil diwujudkan,” ujar Luhut.

Gubernur NTB di Atas Podium Juara IATC 2021

Usai event WSBK dan IATC 2021 di Mandalika, tambah Luhut, pemerintah ingin merapikan apa-apa yang belum tuntas di KEK Mandalika. Mulai dari akses transportasi, penginapan, hingga sarana dan prasarana yang ada. 

“Setelah ini, saya sadar tugas besar menanti pemerintah. Yaitu, bagaimana kami dapat terus mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah ini, mengingat Mandalika juga menjadi Kawasan Ekonomi Khusus. Kalaupun ada perbaikan kita sepakat perbaiki. Karena bulan Maret ada MotoGP, sehingga sebelum bulan Maret semuanya harus sudah selesai,” demikian Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi. (kdon)

Don`t copy text!