fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

17 Ekor Kambing Ditemukan Petugas Pelabuhan Poto Tano di Bagasi Bus Malam - Kambing Selundupan di Dalam Bagasi Bus Malam

17 Ekor Kambing Ditemukan Petugas Pelabuhan Poto Tano di Bagasi Bus Malam

Poto Tano, KOBAR – Petugas gabungan Karantina Pertanian Sumbawa Wilayah Kerja Pelabuhan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dilaporkan telah berhasil menggagalkan penyelundupan 17 ekor kambing melalui bus malam asal Sumbawa tujuan Lombok.

“17 ekor kambing tersebut rencananya hendak diseberangkan ke pulau Lombok, dengan modus dititipkan di bagasi bus. Penggagalan penyelundupan kambing tersebut berkat kerja sama yang baik antar petugas di pos pintu masuk dermaga,” tutur Ramli, Pejabat Karantina Pertanian Sumbawa, Kamis, (14/10).

Ketujuh belas ekor kambing tersebut, jelasnya, kemudian diamankan pihaknya karena tidak dilengkapi dengan dokumen karantina dan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah asal.

Kambing Selundupan Ditahan Petugas Karantina Pertanian Sumbawa

Tindakan itu, terang Ramli, dilakukan pihaknya, sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 21 Tahun 2019, tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan. Ketika hewan yang akan dilalulintaskan tidak dilengkapi dengan dokumen yang lengkap, maka harus dilakukan penahanan. 

“Kami beri kesempatan kepada pemilik untuk melengkapi dokumen dalam waktu 3 x 24 jam. Kami bersama aparat kepolisian dan instansi terkait lingkup pelabuhan akan terus melakukan operasi rutin perkarantinaan, dalam rangka memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat terkait kesehatan media pembawa, serta menjamin higienitas produk yang akan dikonsumsi masyarakat,” demikian Pejabat Karantina Pertanian Sumbawa. (klar)

Don`t copy text!