Kambing Asal Sumbawa Ditolak Nyebrang Ke Lombok

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Kambing-Asal-Sumbawa-Ditolak-Nyebrang-Ke-Lombok

Kambing Asal Sumbawa Ditolak Nyebrang Ke Lombok

Poto Tano, KOBARKSB.com – 7 ekor kambing yang rencananya akan diseberangkan ke Pulau Lombok dari Sumbawa terpaksa harus dikembalikan ke tempat asal mereka, karena ditolak nyebrang oleh petugas Karantina Pertanian Sumbawa Wilker Pelabuhan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat.

“Kambing-kambing ini tidak dilengkapi dengan dokumen kesehatan dari daerah asal. Selain itu, hewan ternak tersebut tidak dilaporkan ke Pejabat Karantina di tempat pengeluaran. Sehingga terhadap ketujuh ekor kambing tersebut kami lakukan penahanan,” jelas Erin, Pejabat Karantina Pertanian Sumbawa, Minggu, (30/1).

Setelah dilakukan penahanan terhadap hewan ternak tersebut, pihaknya, jelas Erin, kemudian memberikan kesempatan kepada pemilik kambing untuk melengkapi dokumen yang dipersyaratkan dalam tempo 3 hari.

Pejabat Karantina Pertanian Sumbawa Bersama Pemilik Kambing

“Namun dokumen yang dipersyaratkan tidak terpenuhi, sehingga kita lakukan penolakan. Sebelumnya, kita lakukan pembinaan kepada pemilik mengenai prosedur lalu lintas hewan,” tukas Erin.

Kemudian pihaknya, tambah Erin, menerbitkan surat perintah penolakan (KH-9A) dan berita acara penolakan (KH-9B). Baru kemudian ketujuh ekor kambing tersebut dikembalikan ke daerah asal.

“Semoga dengan tindakan penolakan ini, dapat menjadi efek jera sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya melapor ke karantina, jika akan melalulintaskan komoditas pertanian baik hewan maupun tumbuhan,” tutup Pejabat Karantina Pertanian Sumbawa. (klar)

About Post Author

Don`t copy text!