fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

KPK Tangkap Konsultan Proyek Tahun 2017, Diduga Rugikan Negara Rp 3,6 Miliar - Gelar Perkara Kasus Korupsi

KPK Tangkap Konsultan Proyek Tahun 2017, Diduga Korupsi Rugikan Negara Rp 3,6 Miliar

Jakarta, KOBAR – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilaporkan telah menangkap dan menahan tersangka AY, Swasta. Karena diduga telah melakukan tindak pidana korupsi terkait pengadaan pekerjaan jasa konsultansi di Perum Jasa Tirta II, tahun 2017.

Gelar Perkara Kasus Oleh KPK

“Atas perbuatannya, tersangka disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001, tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana,” jelas Ali Fikri, Juru Bicara KPK, Bidang Kelembagaan dan Penindakan, dalam siaran pers, Jum’at, (3/9).

Karyoto – Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK

Untuk kepentingan proses penyidikan, jelas Ali, tim penyidik melakukan upaya paksa penahanan terhadap tersangka AY selama 20 hari pertama. Terhitung mulai tanggal 3 September 2021 hingga tanggal 22 September 2021, di Rutan KPK pada Gedung Merah Putih. 

“Terhadap tersangka AY akan dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Sebagai salah satu upaya KPK dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di dalam lingkungan Rutan KPK,” ujarnya.

Sebagai pelaksana pengadaan pekerjaan Pengembangan SDM dan Strategi Korporat. Tersangka AY, ungkap Ali, diketahui telah menggunakan bendera 2 perusahaan, dengan pemberian komitmen fee. 

Ali Fikri – Juru Bicara KPK Bidang Kelembagaan dan Penindakan

Selain itu, tambahnya, tersangka juga diduga telah mencantumkan nama para ahli dalam kontrak pekerjaan hanya dipinjam, sebagai formalitas untuk memenuhi administrasi lelang. 

“Akibat perbuatannya, tersangka AY diduga telah mengakibatkan kerugian keuangan negara sejumlah sekitar Rp 3,6 miliar,” demikian Juru Bicara KPK, Bidang Kelembagaan dan Penindakan. (knda)

Don`t copy text!