fbpx
Sekongkang Jadi Satu-satunya Kecamatan di Sumbawa Barat yang Memiliki Penduduk Laki-laki Lebih Banyak daripada Perempuan

Sekongkang Jadi Satu-satunya Kecamatan di Sumbawa Barat yang Memiliki Penduduk Laki-laki Lebih Banyak daripada Perempuan

Taliwang, KOBAR – Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Kecamatan Sekongkang dinyatakan sebagai satu-satunya Kecamatan di KSB yang memiliki jumlah penduduk laki-laki lebih banyak daripada jumlah penduduk perempuan, berdasarkan sensus penduduk tahun 2020.

“Dengan rasio jenis kelamin penduduk laki-laki terhadap penduduk perempuan sebesar 179,38, maka kecamatan Sekongkang tercatat sebagai satu-satunya kecamatan di KSB yang memiliki penduduk laki-laki lebih banyak daripada perempuan,” jelas Ir Muhammad Ahyar, Kepala BPS KSB, dalam buku Kabupaten Sumbawa Barat dalam Angka Tahun 2021.

Sementara jumlah penduduk KSB pada tahun 2020 sendiri, lanjutnya, adalah sebanyak 145.798 jiwa. Yang terdiri dari 73.687 jiwa penduduk laki-laki dan 72.111 jiwa penduduk perempuan. Sedangkan rasio jenis kelamin penduduk laki-laki terhadap penduduk perempuan di KSB sebesar 102.

“Penduduk Kabupaten Sumbawa Barat tersebar di 8 Kecamatan. Dimana penduduk terbanyak ada di Kecamatan Taliwang, dengan persentase 37,96 persen. Dan Kecamatan Brang Ene menjadi Kecamatan dengan jumlah penduduk paling sedikit, yaitu, 4,52 persen,” terangnya.

Masalah ketenagakerjaan, tambahnya, sangat berkaitan dengan penduduk di suatu wilayah. Berdasarkan hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Tahun 2020, bebernya, tercatat 94,50 persen dari penduduk angkatan kerja di KSB sudah bekerja, sementara sisanya, yaitu, 5,50 persen, sedang mencari pekerjaan, sedang mempersiapkan usaha, merasa tidak mungkin mendapat pekerjaan, atau sudah punya pekerjaan tetapi belum mulai bekerja.

“Penduduk usia kerja adalah penduduk yang berumur 15 tahun ke atas. Sementara angkatan kerja adalah penduduk usia kerja (15 tahun ke atas) yang bekerja, punya pekerjaan namun sementara tidak bekerja, dan pengangguran. Generasi Post Gen Z, merupakan generasi terbanyak yang ada di Sumbawa Barat selama tahun 2020,” demikian Kepala BPS KSB. (kdon)

Don`t copy text!