KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

APBD Rp 1 Triliun Lebih, Tapi Kemiskinan di KSB Tetap Bertahan 2 Digit - Bupati Musyafirin Bagi-bagi Bantuan Pada Bulan Ramadan di Desa Labuhan Lalar Taliwang Sumbawa Barat

APBD Rp 1 Triliun Lebih, Tapi Kemiskinan di KSB Tetap Bertahan 2 Digit

Baru-baru ini, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), telah merilis, bahwa angka kemiskinan di KSB meningkat pada tahun 2021. Bahkan persentase penduduk miskin di KSB masih bertahan pada nominal 2 digit.

Seharusnya data statistik ini menjadi pukulan telak sekaligus cambuk bagi Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, tanpa perlu berdalih begini-begitu. Justru data BPS ini mesti dijadikan bahan evaluasi terhadap kinerja dan program kerja pemerintah beberapa tahun terakhir.

Bayangkan saja, dengan APBD bernominal rata-rata Rp 1 Triliun lebih per tahun sejak tahun 2016, namun angka kemiskinan di Kabupaten yang pernah menjadi salah satu Kabupaten terkaya di Indonesia ini belum berhasil diturunkan secara signifikan.

Dengan APBD sekian banyak, seyogyanya bisa berdampak kepada pembangunan yang adil dan makmur serta merata. Sebab pembangunan pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Atau yang berarti juga, jika pembangunan yang terjadi di KSB telah berada pada rel dan koridor yang benar, maka tentunya kesejahteraan rakyat pun akan meningkat. Bukan malah sebaliknya.

Memang banyak faktor yang mempengaruhi terwujudnya kesejahteraan. Baik sosial, ekonomi, potensi wilayah, maupun budaya. Dan oleh karena itu, maka perencanaan dan pelaksanaan pembangunan harus dapat meliputi semua aspek tersebut. Tidak boleh sepotong-potong!

Alhasil, dengan penduduk sebanyak 148.458 jiwa, menurut hasil proyeksi BPS pada tahun 2021, Pemerintah KSB seharusnya memasang target yang terukur dan sistematis dalam beberapa tahun kedepan guna mencapai angka kemiskinan pada nominal di bawah 2 digit. Setidaknya, nanti pada akhir masa pemerintahan Bupati H W Musyafirin, yang terkenal dengan jargon KSB BAIK, bisa ditutup dengan prestasi angka kemiskinan sudah berada pada 1 digit. Selamat Bekerja! ** – KOBARKSB.com

Don`t copy text!