fbpx
Sandiaga Uno Betah Tinggal di Lombok

Sandiaga Uno Betah Tinggal di Lombok

Mataram, KOBAR – Berulang kali Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, datang berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau Lombok mendapatkan perhatian khusus dari Sandiaga Uno dalam hal mendongkrak pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Pagi ini tiba di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bersama Bapak Gubernur Zulkieflimansyah, kami akan meninjau Sirkuit Mandalika yang akan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia World Superbike pada akhir tahun ini,” tutur Sandiaga Uno, Kamis, (6/5).

Sandiaga Uno dengan Mengendarai Motor Listrik Jalan jalan di Sirkuit Mandalika Lombok
Sandiaga Uno dengan Mengendarai Motor Listrik, Jalan-jalan di Sirkuit Mandalika Lombok.

Selain itu, ia juga, kata Sandiaga, akan meninjau destinasi wisata Gili Trawangan yang terkena dampak begitu besar akibat pandemi Covid-19. Ia akan bertemu dengan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di sana, untuk menghadirkan solusi agar bangkit dari masa sulit.

Kemudian, pada saat kunjungannya ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, ia mengungkapkan, bahwa Kemenparekraf telah membayarkan ganti untung kepada masyarakat pemilik lahan enclave di Mandalika, melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). 

Sandiaga Uno didampingi Gubernur NTB Meninjau KEK Mandalika Lombok
Sandiaga Uno didampingi Gubernur NTB Meninjau KEK Mandalika Lombok.

“Tidak ada unsur paksaan, tanpa kehadiran dari unsur aparat keamanan, karena semua dilaksanakan dalam proses keikhlasan. Ini merupakan wujud dukungan kami terhadap upaya pengembangan KEK Mandalika menjadi KEK Pariwisata, untuk mempercepat pemulihan sektor parekraf di NTB, membuka lapangan kerja bagi masyarakatnya,” jelasnya.

Selanjutnya, pada hari yang sama, dengan menggunakan motor listrik karya anak NTB, ia meninjau progres pembangunan Mandalika International Circuit, yang akan digunakan sebagai venue untuk event World Superbike pada November tahun ini dan MotoGP di tahun depan.

Sandiaga Uno Berenang di Gili Trawangan
Sandiaga Uno Berenang di Gili Trawangan Lombok

“Ajang World Superbike ini akan menjadi salah satu event pertama bertaraf internasional di Indonesia, di tengah pandemi. Kami optimis ini akan membawa dampak positif untuk kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, membuka peluang usaha dan lapangan kerja untuk masyarakat NTB,” terang Sandiaga Uno.

Pada hari Jum’at, (7/5), Sandiaga Uno didampingi Gubernur NTB, meninjau Puncak Sembalun yang berada di Kabupaten Lombok Timur. Sembalun merupakan salah satu destinasi andalan pariwisata Lombok. Tahun 2016 lalu, Sembalun dinobatkan sebagai World Best Halal Honeymoon Destination dalam ajang World Halal Tourism Award (WHTA).

Sandiaga Uno Bersama Gubernur NTB di Puncak Sembalun Lombok Timur
Sandiaga Uno Bersama Gubernur NTB di Puncak Sembalun, Lombok Timur.

“Dari Desa Sembalun, di kaki Gunung Rinjani, kita melihat potensi daya tarik wisata berbasis alam dan budaya yang begitu kaya. Karunia alam yang sangat indah yang Allah berikan kepada Indonesia. Insya Allah, di hari Jum’at yang penuh berkah ini, keberkahan selalu menyertai kita semua. Pariwisata bangkit, ekonomi kreatif di Lombok Timur segera kembali pulih,” demikian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (klar)

Don`t copy text!