fbpx
Menteri PUPR Bersedia Bantu Gubernur NTB Perbaiki Jalan Baturotok dan Jalan Tepal Sumbawa

Menteri PUPR Bersedia Bantu Gubernur NTB Perbaiki Jalan Baturotok dan Jalan Tepal Sumbawa

Mataram, KOBAR – Dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyampaikan kepada Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah, bahwa pihaknya siap membantu pemerintah setempat untuk memperbaiki akses jalan yang ada, termasuk akses jalan ke Desa Baturotok dan Desa Tepal, Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa.

Gubernur Zulkieflimansyah Sambut Kedatangan Menteri PUPR di NTB
Gubernur Zulkieflimansyah Sambut Kedatangan Menteri PUPR di NTB

“Saya menemani Menteri PUPR meninjau Proyek Jalan Bypass dari Bandara ke Mandalika. Insya Allah, bulan September ini selesai proyek ini. Hasilnya luar biasa bagus. Terima kasih Mas Menteri sudah memastikan semuanya on the right track. Bahkan Pak Menteri juga memastikan jalan-jalan lain di NTB, termasuk untuk wilayah Tepal dan Baturotok akan dibantu Pemerintah Pusat,” tutur Gubernur NTB, Selasa, (1/6), sesaat setelah menemani Menteri PUPR.

Pada kesempatan kunjungan Menteri PUPR kali ini, jelas Gubernur, Menteri Basuki juga berkesempatan untuk meninjau progres pembangunan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, yang dikebut pekerjaannya untuk perhelatan World Superbike tahun 2021.

Menteri PUPR dan Gubernur NTB Cek Master Plan Proyek Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok
Menteri PUPR dan Gubernur NTB Melihat Master Plan Proyek Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) – Mandalika

“Pak Menteri PUPR juga meninjau sirkuit MotoGP Mandalika. Insya Allah, akhir Juli ini selesai sirkuitnya, dan siap menyambut World Superbike 12-14 November 2021,” jelas Gubernur Zulkieflimansyah.

Untuk diketahui, bahwa Kementerian PUPR dilaporkan tengah menggodok rancangan Undang-undang (RUU) tentang Perubahan atas Undang-undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004, tentang Jalan, bersama Komisi V DPR-RI. Total sebanyak 904 Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) yang telah diajukan. Terdiri dari 564 DIM pada batang tubuh dan 340 DIM pada penjelasan telah ditelaah secara komprehensif. 

Gubernur NTB Dibonceng Menteri PUPR
Gubernur NTB Dibonceng Menteri PUPR Tinjau Jalan

Penyerahan DIM merupakan tindak lanjut pandangan Presiden Joko Widodo atas RUU Perubahan tentang UU Jalan, yang disampaikan oleh Menteri Basuki pada Raker bersama Komisi V. Menteri Basuki berharap kerjasama antara Pemerintah dengan Komisi V dalam pembahasan RUU ini dapat berjalan dengan baik, demi mendapatkan UU tentang Jalan yang lebih baik.

“Kami percaya bahwa semangat dan tujuan kita (DPR dan Pemerintah) sama, untuk penyelenggaraan jalan di Indonesia yang lebih baik, lebih berkeadilan, dan dapat menunjang kesejahteraan rakyat,” kata Menteri Basuki, dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi V DPR-RI di Jakarta, Selasa, (25/5).

Menteri PUPR dan Gubernur NTB Tinjau Sirkuit Mandalika Lombok
Menteri PUPR Bersama Gubernur NTB, Tinjau Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika Lombok

Draft awal RUU tentang Perubahan atas UU Jalan tersebut, terdiri dari 12 Bab dan 84 pasal. Setelah dilakukan pembahasan internal Pemerintah, sistematika draft RUU berubah menjadi 13 Bab dan 85 pasal. 

Secara rinci, untuk setiap klasifikasi sesuai pandangan Presiden adalah penegasan atas sistem, fungsi dan wewenang penyelenggaran jaringan jalan sebanyak 753 DIM, azas pembantuan pelaksanaan dan pendanaan penyelenggaran jalan daerah sebanyak 8 DIM. 

Selanjutnya, ketentuan pengadaan tanah sebanyak 39 DIM, sistem data dan informasi sebanyak 18 DIM, partisipasi masyarakat sebanyak 16 DIM, penyidikan dan ketentuan pidana sebanyak 12 DIM, serta non-substansi (pembukaan dan penutup) sebanyak 58 DIM. Pembahasan RUU Perubahan atas UU Jalan ini, akan dimulai pada tanggal 21 Juni 2021. (kdon)

Don`t copy text!