fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Semua Fasilitas Kesehatan di Kota Mataram dan Lombok Barat Dapat Vaksin Sinovac

Mataram, KOBAR – Sebanyak 7.000 dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac dilaporkan telah distribusikan ke seluruh fasilitas kesehatan (Faskes) di Kota Mataram, dan 4.080 dosis vaksin didistribusikan ke seluruh faskes di Kabupaten Lombok Barat, Rabu, (13/1).

Hal ini dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi NTB, disesuaikan dengan jadwal vaksinasi di NTB. Yang mana, selama bulan Januari, vaksinasi akan dilaksanakan di 2 daerah tersebut. Selanjutnya menyusul 8 Kabupaten/Kota lainnya di NTB.

“Vaksin ini, terlebih dahulu didistribusikan ke Dinas Kesehatan Lombok Barat, baru kemudian akan disalurkan ke 20 puskesmas dan 2 rumah sakit. Sekaligus disiapkan tempat penyimpanan vaksin tersebut,” tutur dr Nurhandini Eka Dewi, Kepala Dinas Kesehatan NTB, saat melepas ekspedisi vaksin Sinovac, Rabu (13/1).

dr. Nurhandini Eka Dewi

Nurhandini menjelaskan, bahwa di Kota Mataram, terdapat sekitar 7 ribu tenaga kesehatan yang ada di Faskes yang terdaftar di Dinas Kesehatan Kota Mataram untuk divaksinasi tahap awal. Mereka berasal dari 16 rumah sakit, 26 klinik dan 11 Puskesmas. Namun yang sudah di SK-kan untuk segera dilakukan vaksinasi sebanyak 22 faskes dan 11 Puskesmas.

“Saat ini telah tersedia 28.670 dosis vaksin Covid-19 Sinovac di NTB. Vaksinasi bakal dilakukan kepada 14.000 tenaga kesehatan dan Satgas Covid-19. Diawali dengan penyuntikan vaksin perdana pada Gubernur dan Wakil Gubernur, Sekda, serta Forkopimda NTB, pada tanggal 14 Januari 2021,” jelas dr Nurhandini.

Adapun terkait proses distribusi dan pengamanan vaksin hingga ke masyarakat. Kepala Dinas Kesehatan NTB, menjelaskan, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda NTB. Selain tentang distribusi vaksin, pihaknya juga berkoordinasi terkait upaya pengendalian penyebaran Covid 19 di NTB, dengan cara menghidupkan kembali Kampung Sehat Plus, yang telah memiliki operasional baik di lapangan.

“Para pejabat yang akan divaksinasi besok, sudah discreening hari ini. Dan semua mereka telah siap untuk disuntik vaksin Covid-19,” demikian Kepala Dinas Kesehatan NTB. (kdon)

Don`t copy text!