fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

14.380 Orang Tenaga Kesehatan di NTB Segera Disuntik Vaksin Sinovac

Kepala Dinkes NTB: Vaksinasi Tidak Menjamin Seseorang Bebas Covid-19 

Mataram, KOBAR – Vaksinasi Covid-19 di Nusa Tenggara Barat (NTB) dilaporkan akan dilakukan 3 Tahap. Tahap pertama, vaksin akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan. Tahap kedua bagi para petugas pemberi layanan, dan tahap ketiga bagi masyarakat umum. 

“Kami telah menerima sebanyak 28.760 dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang dikirim dari Jakarta hari ini. Selanjutnya vaksin ini akan diperuntukkan bagi 14.380 orang tenaga kesehatan yang ada di NTB,” terang dr Nurhandini Eka Dewi SpA MPH, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) NTB, sesaat setelah menyambut kedatangan vaksin Covid-19 di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (ZAM), Selasa, (5/1).

Lebih Lanjut Eka menjelaskan, bahwa proses vaksinasi akan dilakukan mulai bulan Januari ini, dengan sasaran awal para tenaga kesehatan. Vaksin akan disuntik sebanyak 2 kali atau 2 dosis. Namun dalam prosesnya, terangnya, ada beberapa kelompok orang yang tidak bisa divaksin. Antara lain; Orang yang sedang hamil dan menyusui, orang dengan riwayat alergi berat terhadap vaksin, orang dengan riwayat penyakit pembekuan darah yang tidak terkontrol, dan orang dengan riwayat penyakit gangguan imun serta penyakit kronis tertentu.

“Tidak semua orang bisa divaksin. Ada beberapa kategori yang tidak bisa disuntik vaksin. Meski telah divaksin, tidak bisa menjamin seseorang akan terbebas dari penularan Covid-19. Vaksin berfungsi untuk memperkecil resiko gangguan penyakit yang diakibatkan oleh virus corona,” kata Nurhandini.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, yaitu, memakai Masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan dengan sabun, atau 3M. Karena dengan 3 M itu, merupakan langkah yang efektif saat ini untuk mencegah penularan Covid-19.

“Proses vaksinasi akan berlangsung selama setahun di Indonesia. Untuk itu, kami mengimbau agar selama proses itu, masyarakat tetap patuh terhadap protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, dan tidak merokok,” demikian Kepala Dinas Kesehatan NTB. (kdon)

Don`t copy text!