fbpx
Massa Gerakan Tolak Tambang Emas Gunung Semoan Duduki Graha Fitrah

Massa Gerakan Tolak Tambang Emas Gunung Semoan Duduki Graha Fitrah

Pjs Bupati: Aspirasi Kami Tampung, dan Siap Kami Tindak Lanjuti

Taliwang, KOBAR – Senin, (5/10), puluhan massa aksi yang tergabung dalam Gerakan Tolak Tambang Gunung Semoan, kembali melakukan aksi unjuk rasa dan menduduki gedung Graha Fitrah, Kantor Bupati KSB, KTC, Taliwang. 

Setelah sekian lama berorasi, massa aksi berhasil berdialog dengan Dr H Muhammad Agus Patria SH MH, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati KSB. Dalam dialog yang berlangsung damai itu, Agus Patria kepada para pengunjuk rasa menyatakan, bahwa pihaknya akan menampung aspirasi yang disuarakan para pengunjuk rasa, dan siap melanjutkannya kepada instansi terkait. 

“Izin tambang ini sudah diberikan sejak lama. Pertambangan bukan lagi kewenangan Kabupaten. Kewenangan itu sudah diambil alih oleh Pemerintah Provinsi NTB,” jelas Pjs Bupati.

Pjs Bupati KSB
Pjs Bupati KSB Berdialog dengan Para Pengunjuk Rasa.

Oleh karena itu, dirinya, hanya bisa menampung aspirasi masyarakat, untuk kemudian disampaikan kepada pejabat dan instansi yang lebih tinggi dan berwenang soal itu. Dan tentu saja, sambung Agus Patria, pihaknya tidak bisa membatalkan begitu saja izin yang sudah ada. 

“Kita ini negara hukum, tentu saya tidak bisa membatalkan kebijakan yang sudah ada sebelumnya. Jika pun ada pelanggaran hukum, kita lapor, biar diusut aparat penegak hukum,” tandas Agus Patria. 

Meski demikian, katanya, harapan dan tuntutan masyarakat akan dikoordinasikan dengan semua unsur terkait yang berhubungan dengan persoalan itu.

“Izin itu sudah diberikan, kewenangan soal itu tidak ada di kita. Maka apa yang menjadi tuntutan Bapak/ Ibu akan kami tindak lanjuti kepada pejabat yang berwenang,” tutup Pjs Bupati.

Pantauan awak media ini, unjuk rasa berlangsung damai. Pjs Bupati KSB, didampingi Sekda dan pejabat teras di lingkup Pemerintah KSB, duduk bersila bersama para pengunjuk rasa di teras gedung Graha Fitrah. Unjuk rasa dijaga dan dikawal oleh aparat kepolisian dari Polres Sumbawa Barat. (klar)

Don`t copy text!